6 Teknik Menulis Artikel SEO Yang Baik dan Benar
Artikel

6 Teknik Menulis Artikel SEO Yang Baik dan Benar

Saat ini, salah satu profesi yang banyak digeluti oleh para pekerja lepas maupun tetap adalah penulis artikel SEO. Namun, ternyata tidak semua tahu teknik menulis artikel SEO yang baik dan benar, lho!

Artikel SEO adalah artikel yang sesuai dengan aturan Search Engine Optimization (SEO). Dengan kata lain, artikel teroptimasi di mesin pencarian dengan baik adalah artikel yang akan muncul jika kata kuncinya kamu cari di internet

Artikel jenis ini menjadi pilihan favorit berbagai sektor. Artikel SEO friendly umumnya memiliki peluang untuk dibaca dan dilihat oleh orang-orang jauh lebih tinggi daripada artikel biasa.

Teknik Menulis Artikel SEO Friendly

Selain mengikuti dasar penulisan artikel SEO friendly, kamu juga harus memperhatikan kualitas tulisan yang kamu buat. Oleh karena itu, berikut saya berikan tips dalam teknik menulis artikel SEO!

1. Jangan Membuat Judul Konten Terlalu Panjang

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas artikel SEO friendly-mu adalah dengan memperhatikan judul konten yang kamu buat. 

Untuk judul konten, sebaiknya jangan kurang dari 7 kata. Umumnya, headline (H1) yang baik memiliki judul konten sekitar 7 hingga 10 kata. Dengan membuat judul konten yang sesuai dengan jumlah proporsional, maka peluang artikelmu mendapatkan backlink, traffic dan share akan lebih tinggi.

Akan tetapi, jangan membuat judul artikel yang sulit untuk memahaminya. Oleh karena itu, kamu juga harus memastikan judul artikel sudah singkat, padat, dan jelas. Semakin mudah dan menarik judul yang kamu gunakan, maka semakin tertarik pula pembaca untuk memilih artikelmu.

BACA JUGA:   4 Tujuan Penulisan Artikel Digital, Penulis Cerdas Pasti Tahu

2. Perhatikan Panjang Isi Kontenmu

Jangan menuliskan artikel yang singkat, jangan pula menuliskan artikel yang terlalu panjang. Pastikan artikel yang kamu tulis memiliki panjang yang pas dengan informasi yang sudah lengkap. Rata-rata, jumlah yang dapat kamu tuliskan berkisaran antara 500 hingga 3.000 kata.

Namun, kamu juga harus menyesuaikan dengan tujuan dan jenis konten yang hendak kamu tulis. Karena, tidak semua konten dapat ditulis dengan jumlah kata di atas.

3. Gunakan Judul Listicle

Berikutnya, cara untuk membuat performa artikel SEO friendly-mu menjadi lebih baik adalah dengan menggunakan jenis judul listicle.

Judul listicle adalah judul yang memiliki awal angka atau merupakan judul dari sebuah tutorial (menggunakan kata cara). Salah satu alasan terbesar mengapa jenis judul ini menjadi pilihan terbaik adalah karena judul listicle dinilai lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

Akan tetapi, tidak semua jenis artikel dapat menggunakan judul listicle. Oleh karena itu, pastikanlah kamu telah menyesuaikan konten yang akan kamu tulis dengan jenis judul yang akan kamu gunakan.

Backlink Teknik Menulis artikel SEO

Selanjutnya, kamu dapat menyematkan link di dalam artikel SEO friendly-mu. Baik link internal maupun eksternal. 

Link internal yang kamu tautkan dapat meningkatkan engagement pembaca terhadap tulisanmu yang lain. Sedangkan, link eksternal akan meningkatkan kualitas dan validitas artikel yang kamu tulis.

5. Optimalkan Penggunaan Gambar

Teknik menulis artikel SEO

Umumnya, pembaca akan lebih tertarik membaca artikel yang memiliki beberapa gambar. Ini karena pembaca akan lebih mudah merasa bosan jika artikel yang mereka baca tidak memiliki gambar.

Selain itu, pastikan gambar yang kamu gunakan merupakan gambar dengan kualitas tinggi. Dengan demikian, pembaca akan lebih percaya dengan tingkat validitas gambarmu. Semakin baik kualitas gambar, semakin baik juga pandangan pembaca terhadap artikelmu.

BACA JUGA:   8 Manfaat Artikel SEO untuk Kebutuhan Branding

Akan tetapi, perhatikan gambar yang kamu gunakan. Jangan sampai kamu mencantumkan gambar yang memiliki hak cipta, ya!

6. Perhatikan Penggunaan Subjudul

teknik menulis artikel SEO

Selanjutnya, kamu dapat memanfaatkan subjudul untuk membuat artikel SEO friendly-mu lebih baik. Contohnya, kamu dapat menggunakan subjudul heading 2 dan 3.

Selain membuat artikelmu lebih banyak peminatnya, penggunaan subjudul juga bertujuan agar artikel yang kamu tulis lebih rapi dan terstruktur. Dengan demikian, pembaca akan mudah mengerti isi artikel yang kamu buat.

Demikian beberapa teknik menulis artikel SEO yang wajib kamu coba. Meski kamu telah mengikuti tips di atas, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas tulisanmu dengan terus mengikuti konten tikawidya.com, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *