Cara Menulis Review Video yang Menarik
Artikel

Cara Menulis Review Video yang Menarik

Jika kamu sering menonton berbagai video dan memiliki komentar atau ulasan tersendiri, ada baiknya kamu mencoba untuk menulis review. Dengan menulis review atau ulasan, kamu bisa membagikan pendapat sekaligus rekomendasimu kepada pembaca nantinya. Namun, bagaimana cara menulis review video yang baik dan menarik? Simak penjelasan selengkapnya berikut.

Apa itu review video?

Review adalah ulasan yang biasanya berisi komentar maupun rekomendasi mengenai suatu publikasi atau produk.

Dalam konteks menulis review video, ada berbagai jenis konten video yang bisa kita ulas, mulai dari film, sinetron, hingga video pembelajaran. Pada intinya, menulis review video adalah menulis ulasan mengenai suatu publikasi atau produk dalam bentuk video. 

Tujuan Menulis Review

Hal yang menjadi tujuan utama dari tulisan review adalah memberikan informasi kepada pembaca, terutama terkait publikasi atau produk yang kita ulas. Kamu pasti pernah mencari rekomendasi dengan membaca review pengguna lain mengenai publikasi atau produk tertentu. Misalnya, ketika ingin menonton film, terkadang kita membaca review dari mereka yang sudah menonton sebagai bahan pertimbangan lebih jauh. 

Selain bermanfaat bagi audiens, tulisan review dari seorang pengguna, pembaca, ataupun penonton bisa menjadi input bagi pihak yang memproduksi. Contohnya, jika ada review yang membahas tentang kekurangan maupun kelebihan video pembelajaran, review tersebut bisa menjadi bahan evaluasi bagi pembuatnya sehingga bisa menghasilkan video pembelajaran yang lebih baik ke depannya.   

Cara Menulis Review Video

Meskipun ada berbagai jenis video yang bisa kamu review dengan struktur yang mungkin berbeda-beda, tetapi secara umum kamu bisa melakukan cara-cara berikut dalam proses penulisan review video.

BACA JUGA:   Cara Menulis Artikel SEO, Praktis dengan Contoh

1. Membuat Pendahuluan

Kamu bisa membuat pendahuluan atau mengawali ulasanmu dengan memaparkan fakta atau opini menarik mengenai video yang kamu review. Selain itu, berikan opini yang jelas sehingga pembacamu tahu pasti bahwa kamu suka atau tidak menyukai video tersebut. 

2. Mulai Menyusun Ulasan

Ketika mulai menyusun ulasan, mulailah dengan membuat ringkasan dari isi video. Kemudian, tambahkan pendapatmu mengenai hal-hal yang tidak tersampaikan secara jelas di dalam video.

Misalnya, kita ambil contoh review video dalam bentuk film. Terdapat beberapa hal menarik di luar alur cerita film yang bisa kamu analisis, seperti dari segi sinematografi, penggunaan suara dan musik, dan hal-hal teknis lainnya.

3. Menyunting Tulisan Review

Pastikan ulasanmu sudah ditulis dengan baik dan benar melalui proses menyunting dan mengoreksinya. Jangan sampai tulisanmu terpublikasi dengan berbagai kesalahan yang seharusnya bisa kamu perbaiki pada tahap ini.Demikianlah pengenalan maupun cara menulis review video yang bisa kamu jadikan petunjuk untuk memulai ulasanmu. Jika kamu memiliki pendapat atau analisis menarik mengenai suatu video, jangan ragu untuk mengulasnya melalui tulisan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *