Bagaimana Cara Menulis Teks Prosedur
Artikel

Bagaimana Cara Menulis Teks Prosedur?

Kamu tahu tidak bahwa tanpa sadar, kita sering menjumpai teks prosedur, lho! Memangnya, apa sih teks prosedur itu? Dan bagaimana cara menulis teks prosedur?

Teks prosedur adalah teks berisi petunjuk atau langkah-langkah yang kamu perlukan untuk membuat atau melakukan suatu hal. 

Contoh dari teks prosedur yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu resep memasak, buku panduan pengoprasian alat elektronik, dan tutorial-tutorial pada internet.

Lalu, bagaimana cara membuat teks prosedur ini? Daripada penasaran, yuk langsung simak beberapa cara membuat teks prosedur berikut ini.

Memahami Ciri dan Struktur Teks Prosedur

Sebelum membuat teks prosedur, ada hal penting yang perlu kamu lakukan, nih teman-teman. Yaitu memahami ciri dan struktur dari teks prosedur.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Seperti yang telah dijelaskan di awal, teks prosedur adalah teks yang bertujuan untuk menyampaikan petunjuk melakukan atau membuat sesuatu. 

Oleh karena itu, ciri utama dari teks prosedur adalah adanya langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu. 

Untuk menulis langkah-langkah ini, kamu harus menggunakan kalimat perintah atau imperatif, kata kerja aktif, dan kata keterangan urutan. Contohnya seperti:

  • Pertama-tama, cuci bersih semua bahan.
  • Setelah itu, potong wortel menjadi berbentuk dadu kecil.

Struktur Teks Prosedur

Sesuai dengan cirinya, teks prosedur memiliki struktur penulisan yang unik. Struktur teks ini di antara lain yaitu:

  • Judul
  • Kata Pengantar
  • Alat dan Bahan
  • Langkah-langkah

Nah, setelah memahami ciri dan struktur dari teks prosedur, kamu dapat langsung memulai menulis teks ini.

BACA JUGA:   5 Fungsi Penulisan Editorial di Media

Mencari Ide atau Topik Pembahasan

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan dalam menulis teks prosedur adalah menentukan ide atau topik pembahasan. Topik pembahasan ini dapat kamu ambil dari hal-hal sederhana. Contohnya yaitu cara mengoperasikan blender atau cara membuat nasi goreng.

Topik pembahasan lah yang kemudian menjadi judul dari teks prosedur. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menulis Teks Eksposisi?

Menulis Kata Pengantar

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah menentukan topik pembahasan dan judul teks prosedur adalah menulis kata pengantar.

Kata pengantar berisi penjelasan singkat mengenai teks prosedur, seperti tujuan pembuatan teks.

Menulis Alat dan Bahan

Langkah ketiga, yaitu menulis alat dan bahan yang diperlukan dalam topik pembahasan. Tidak semua teks prosedur mencantumkan bagian ini.

Bagian ini biasanya ada pada teks prosedur dengan topik pembahasan pembuatan sesuatu, seperti membuat makanan atau kerajinan.

Penulisan alat dan bahan harus kamu lakukan dengan membuat poin-poin singkat. Poin ini dapat menggunakan tanda strip (-).

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengembangkan Ide Pokok dalam Menulis Paragraf?

Menulis Langkah 

Selanjutnya, yaitu menulis langkah membuat atau melakukan sesuatu. Langkah-langkah ini adalah bagian inti dari teks prosedur. 

Sama seperti alat dan bahan, langkah-langkah ini juga berupa poin-poin dan harus kamu tulis menggunakan penomoran.

Nah, setelah membaca beberapa langkah di atas kamu jadi semakin paham bukan tentang bagaimana cara menulis teks prosedur. Selain menerapkan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk tetap menyesuaikan penulisan dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *