Artikel SEO Pengertian, Jenis-jenis, dan Strategi Penulisannya
Artikel - Jenis Tulisan

Artikel SEO: Pengertian, Jenis-jenis, dan Strategi Penulisannya

Sebagai penulis lepas yang aktif sejak 2018, aku mau kasih tahu bahwa jasa penulis artikel SEO itu seperti tambang emas. Faktanya, pesanan artikel SEO bahkan bisa menyumbang 60% dari total penghasilan aku setiap bulan. 

Jadi, gimana sih caranya supaya para penulis bisa ikutan mendapat penghasilan dari tren ini? 

Pertama dan yang paling penting, kamu harus paham dulu pengertian artikel SEO dan kenapa perusahaan-perusahaan sampai rela bayar mahal buat artikel semacam itu. 

Dengan memahami dan menguasai teknik penulisan artikel SEO, kamu akan semakin mudah mendapatkan pintu peluang kerja sama dengan berbagai perusahaan. Lebih dari itu, kamu juga bisa menikmati ‘cuan mudah’ dari menulis.

Nah, di artikel ini, aku bakal bongkar semua yang perlu kamu tau soal artikel SEO. Mulai dari definisinya, manfaat, jenis sampai strategi penulisannya. 

Siap-siap ya, karena ilmu yang akan aku bagi ini bisa jadi game changer buat karier penulisanmu!

Pengertian Artikel SEO 

Jika kamu suka nulis dan ingin tulisanmu banyak dibaca orang lewat internet, kamu harus paham dulu apa itu artikel SEO. 

Artikel SEO adalah konten tulisan online yang teroptimasi supaya gampang naik peringkat di mesin pencari seperti Bing atau Google.

Gimana caranya? Mudah saja! Kamu mesti menulis seputar kata kunci atau topik tertentu. 

Misalnya, kamu pengen bagi tips tentang “cara membuat kue.” Nah, kamu bisa menggunakan frasa itu sebagai kata kunci dalam artikelmu supaya mudah ditemukan orang. 

Tapi, artikel SEO nggak bisa sukses naik peringkat hanya dengan menulis konten yang menarik saja. 

Ada cara menulis artikel SEO yang harus kamu ikuti biar tulisanmu mudah ditemukan. Mulai dari memakai judul dan subjudul yang tepat, menambahkan gambar, memberikan link ke sumber lain, dan lain sebagainya. 

Ini semua merupakan bagian dari usaha penulis untuk memudahkan mesin pencari untuk ‘mengerti’ isi artikelmu dan membuat pembaca bisa lebih nyaman dan mudah mengakses tulisanmu.

Jadi, kalau kamu mau tulisanmu dibaca oleh lebih banyak orang lewat pencarian Google, ingat formula ini ya: 

Artikel SEO = Konten yang bagus + Optimasi SEO

Dengan begitu, tulisanmu bukan hanya enak dibaca tapi juga mudah ditemukan!

Perbedaan Penulisan Artikel SEO dan Penulisan Konten Biasa

FiturPenulisan SEOPenulisan Konten
FokusMeningkatkan peringkat websiteMembuat konten yang menarik dan informatif
Kata KunciMemasukkan kata kunci dan frasa yang relevanTidak terlalu fokus pada kata kunci
OptimisasiMengoptimalkan konten website untuk mesin pencariTidak terlalu fokus pada optimisasi
TujuanMendorong traffic organik ke websiteMenjaga pengunjung website agar tetap terlibat

Manfaat Artikel SEO

Seperti yang sudah aku singgung tadi, tujuan utama artikel SEO adalah bikin konten tulisan yang bisa ditemuin orang lewat mesin pencari seperti Google. 

Jadi, kalau misalnya ada yang nyari info tertentu, artikelmu bisa muncul di halaman pertama pencarian. Keren, kan?

BACA JUGA:   5 Fungsi Penulisan Editorial di Media

Nah, manfaat artikel SEO itu sebenarnya sederhana:

  1. Meningkatkan Visibilitas Online – Dengan artikel SEO, website atau blog kamu bisa lebih mudah ditemukan oleh orang yang nyari info terkait. Misalnya, kamu nulis artikel tentang “Cara Merawat Tanaman Hias”, kalau artikelmu dioptimasi dengan baik, orang yang nyari info ini bisa langsung nemuin tulisanmu.
  2. Menarik Traffic Berkualitas – Orang yang klik artikelmu dari hasil pencarian biasanya emang lagi nyari info yang kamu tawarkan. Ini artinya, mereka adalah audiens yang berkualitas dan tertarget.
  3. Meningkatkan Kredibilitas dan Otoritas – Ketika artikelmu banyak muncul di hasil pencarian dan memberikan info yang berguna, secara nggak langsung kamu membangun reputasi sebagai sumber yang kredibel dan otoritatif di bidangmu.
  4. Mendorong Konversi atau Aksi – Artikel SEO juga bisa tujuannya untuk mendorong pembaca melakukan sesuatu, misalnya mendaftar newsletter, membeli produk, atau menghubungi kamu untuk jasa tertentu.

Contohnya begini: 

Kalau kamu punya online shop yang jual alat-alat kecantikan, kamu bisa menulis artikel dengan judul “10 Alat Kecantikan Terbaik untuk Perawatan Kulit Wajah.” Selanjutnya, dalam artikel itu kamu bisa sertakan link ke produk yang kamu jual. 

Kalau artikelnya menarik dan SEO-nya kuat, orang-orang yang nyari info soal alat kecantikan bisa langsung nemu artikelmu, dan siapa tahu mereka tertarik untuk membeli.

Intinya, artikel SEO itu bertindak sebagai jembatan yang menghubungkan kamu atau bisnismu dengan orang-orang yang membutuhkan solusi, informasi, atau produkmu. 

Ciri-ciri Artikel SEO

Lalu, bagaimana ciri-ciri artikel SEO? Di sini, aku akan menjelaskannya lewat tabel karakteristik artikel SEO.

KarakteristikDeskripsiPraktik Ideal
Panjang KontenMulai dari 300 kata. Idealnya lebih dari 1000 kata untuk mendalamkan topik. Gunakan analisis topik untuk mencakup aspek-aspek penting secara menyeluruh.
Optimasi Kata KunciPenggunaan kata kunci yang relevan, natural, dan tanpa keyword stuffing.Lakukan riset kata kunci dan distribusikan secara natural dalam teks. Biasanya, kata kunci ada di judul, meta deskripsi, paragraf pertama dan paragraf terakhir artikel SEO.
Kualitas KontenKonten harus informatif, akurat, dan memberi nilai tambah kepada pembaca.Tulis konten yang menjawab pertanyaan pembaca dengan jelas dan lengkap.
Struktur ArtikelStruktur artikel harus logis. Gunakan heading, subheading (H2, H3, dst.) dan bullet/numbered lists untuk memudahkan pembaca dan mesin pencari.
Optimasi GambarGambar harus dioptimasi untuk kecepatan loading dan harus memiliki alt text.Gunakan gambar berkualitas dengan ukuran file yang dioptimalkan dan alt text yang deskriptif. Ubah gambar ke .webp file supaya ringan.
Internal dan External LinkingMemasukkan link ke konten internal dan sumber terpercaya untuk meningkatkan kredibilitas.Sertakan hyperlink ke artikel terkait di situs Anda dan referensi eksternal berkualitas.
Mobile-FriendlyArtikel harus mudah dibaca di perangkat mobile.Paragraf berisi 1-3 kalimat saja supaya artikel enak dibaca di perangkat mobile.
Meta DeskripsiMenyertakan meta deskripsi yang menarik dan mengandung kata kunci utama.Tulis ringkasan yang menarik, gunakan kata kunci, dan buat pembaca ingin tahu lebih banyak.

Jenis-jenis Artikel SEO

Ada beberapa jenis artikel SEO, kamu harus mengenalnya terlebih dahulu sebelum bisa menuliskannya. 

Jenis Artikel SEODefinisiTujuan
Artikel InformatifArtikel yang menyediakan informasi berguna seputar topik tertentu.Memberikan informasi yang bermanfaat dan mendidik pembaca.
Artikel ReviewArtikel yang memberikan ulasan tentang produk atau jasa berdasarkan opini pribadi dan fakta.Membantu pembaca membuat keputusan berdasarkan review produk/jasa.
Artikel How-toArtikel yang menjelaskan langkah demi langkah cara melakukan sesuatu.Memberikan instruksi praktis tentang cara melakukan sesuatu.
Artikel ListicleArtikel yang berisi daftar atau list mengenai topik tertentu yang menarik.Menyajikan informasi yang mudah dibaca dan menarik bagi pembaca.
Artikel BeritaArtikel yang menginformasikan berita terbaru atau update seputar sebuah topik.Menyampaikan berita terkini atau perkembangan terbaru seputar topik tertentu.

1. Artikel Informatif

Artikel informatif adalah artikel yang isinya penuh informasi berguna seputar topik tertentu. 

BACA JUGA:   7 Tips Menulis Artikel SEO Biar Klien Repeat Order

Misalnya, “Pengertian donat kentang”. Tujuannya buat ngasih tau apa itu donat kentang maupun fakta-fakta menarik seputar donat kentang.

2. Artikel Review

Aartikel yang memberi review produk atau jasa juga termasuk salah satu jenis artikel SEO.

Contohnya, “Review Mixer Terbaik untuk Bikin Donat”. Artikel jenis ini biasanya mengandung opini pribadi plus fakta tentang produk.

3. Artikel How-to

Artikel ini menjelaskan langkah demi langkah cara melakukan sesuatu. 

Contoh: “Cara Membuat Donat Tanpa Mixer”. Artikel bisa berisi tutorial yang sangat praktis dan langsung ke intinya.

4. Artikel Listicle

Artikel listicle adalah artikel berbentuk daftar atau list. Biasanya, artikel jenis ini punya kelebihan karena gampang banget dibaca dan menarik. 

Misal, “5 Resep Donat Paling Mudah untuk Pemula”.

5. Artikel Berita

Artikel berita adalah artikel yang menginformasikan berita terbaru atau update seputar sebuah topik. 

Misal, “Tren Donat Terbaru di 2024”.

Setiap jenis artikel SEO punya tujuan dan cara penulisan yang beda-beda, tapi intinya sama: bikin kontenmu mudah ditemukan di internet.

Siapa Saja yang Membutuhkan Artikel SEO?

Penulis, apakah kamu tahu bahwa keahlian menulis artikel SEO itu punya pasar yang sangat luas dan dibutuhkan banyak orang? 

Yups, artikel SEO itu bukan main-main, bisa meningkatkan traffic ke sebuah website sampai lebih dari 1.000% dibandingkan hanya mengandalkan media sosial biasa (Organic Search Improves Ability to Map to Consumer Intent:, n.d.). 

Makanya, ada banyak pihak yang butuh artikel SEO. 

Nah, ini dia beberapa contoh target market yang membutuhkan jasa penulisan artikel SEO.

  1. Pemilik Website – Mereka ini selalu mencari cara untuk meningkatkan visibilitas online dan otoritas situs mereka di mata mesin pencari. Kamu bisa membantu mereka mencapai tujuan ini dengan konten yang dioptimasi SEO.
  2. Blogger – Blogger ingin kontennya dibaca oleh lebih banyak orang dan mendapatkan audiens yang lebih terlibat. Dengan kemampuanmu menulis artikel SEO, kamu bisa membantu mereka menjangkau lebih banyak pembaca potensial.
  3. Marketer – Para marketer ini punya tujuan yang jelas, mereka ingin menghasilkan lead dan konversi. Artikel SEO yang kamu tulis bisa menjadi salah satu kunci untuk membuka pintu tersebut.
  4. Penulis – Ya, termasuk kamu juga! Menulis artikel SEO di blog sendiri bisa menjadi cara untuk menampilkan keahlian dan pengetahuanmu ke dunia. Ini bisa menjadi portofolio yang mengesankan untuk klien potensialmu.
  5. Bisnis – Dari UMKM sampai perusahaan multinasional, semua bisnis ingin mempromosikan produk atau jasanya. Artikel SEO yang kamu tulis bisa membantu mereka menarik lebih banyak perhatian dari calon pelanggan.

Jadi, kalau kamu bisa menulis artikel SEO dengan baik, banyak sekali peluang yang akan terbuka lebar untukmu. 

Komponen Utama Artikel SEO

Kunci sukses artikel SEO terletak pada komponen-komponen utamanya. Yuk, kita pelajari satu per satu!

KomponenDeskripsi
Headline/Judul ArtikelJudul yang menarik untuk memikat pembaca.
Meta DeskripsiRingkasan yang muncul di hasil pencarian, harus padat dan jelas.
Opening yang HookingPembukaan artikel yang membangkitkan rasa ingin tahu.
Isi yang Relevan dengan Search Intent PembacaIsi artikel harus menjawab tujuan pencarian pembaca.
KesimpulanRangkuman poin penting dan kesimpulan dari artikel.
Tambahan: Gambar, Infografis atau Video PendukungElemen visual seperti gambar atau video untuk menambah menarik artikel.

1. Headline/Judul Artikel

Headline atau judul artikel SEO berlaku seperti pintu masuk rumahmu. Harus menarik supaya orang pengen “masuk”. 

BACA JUGA:   5 Jenis Artikel SEO Lengkap dengan Contohnya

Misalnya, bukan cuma tulis “Resep Ayam Bakar”, tapi “Resep Ayam Bakar Madu: Rahasia Dapur yang Menggugah Selera”.

2. Meta Deskripsi

Meta deskripsi bertindak sebagai ringkasan kecil yang muncul di hasil pencarian. Jadi, isi meta deskripsi harus padat dan jelas, mewakili apa isi dari artikelmu. 

Contoh Meta Deskripsi: “Temukan resep ayam bakar madu terenak yang gampang dibuat mulai dari cara praktis membersihkan ayam, marinasi, dan proses memasak”

3. Opening yang Hooking

Bagian opening artikel harus bisa memantik rasa ingin tahu pembaca. Di bagian ini, kamu bisa menambahkan pertanyaan, fakta menarik, atau cerita singkat. 

Contoh opening yang hooking: “Pernah nggak sih, kamu makan ayam bakar madu yang rasanya nggak bisa kamu lupa?”

4. Isi yang Relevan dengan Search Intent Pembaca

Search intent adalah tujuan atau target dari pencarian yang dilakukan oleh pembaca. 

Isi artikelmu harus sesuai dengan search intent ini. Arti sederhananya, tulisanmu harus bisa menjawab apa yang dicari pembaca. 

Penerapannya seperti ini. Ketika sedang mencari “resep ayam bakar,” maka yang dibutuhkan pembaca adalah resepnya. Oleh karena itu, isi artikelmu seharusnya resep ayam bakar juga, bukan sejarah ayam bakar.

5. Kesimpulan

Di akhir artikel, rangkumlah poin-poin penting yang sudah kamu bahas. Ini bisa juga sebagai kesempatan terakhir untuk memantik emosi dan keingintahuan pembaca, misal dengan menawarkan resep lain atau tips memasak.

6. Tambahan: Gambar, Infografis atau Video Pendukung

Gambar, infografis dan video berlaku seperti hiasan di rumahmu, bikin artikel lebih menarik. 

Misalnya, kamu bisa menambahkan foto ayam bakar madu yang menggoda atau video tutorial memasaknya untuk meningkatkan kualitas artikelmu. 

Dengan mengoptimalkan semua komponen ini, artikelmu akan enak dibaca sekaligus mudah ditemukan di mesin pencari. 

EEAT: Prinsip Artikel SEO 2024

Ketika kamu lagi nyari info di internet, kamu pasti ingin info yang bener-bener bisa dipercaya, kan? 

Nah, Google punya cara buat memastikan artikel atau konten yang kamu temukan itu memang oke. 

Mereka pakai konsep EEAT, singkatan dari Experience (Pengalaman), Expertise (Keahlian), Authoritativeness (Kewibawaan), dan Trustworthiness (Kepercayaan).

Komponen EEATArtinyaImplementasi dalam Artikel SEO
Experience (Pengalaman)Pengalaman langsung atau kehidupan nyata yang relevan dengan topik.Sertakan cerita atau pengalaman pribadi yang relevan dengan topik.
Expertise (Keahlian)Keahlian mendalam pada bidang atau topik yang dibahas.Tunjukkan bukti keahlian seperti sertifikat, pengalaman kerja, atau studi kasus.
Authoritativeness (Kewibawaan)Kewibawaan atau otoritas penulis atau situs dalam topik tertentu.Sebutkan pengakuan dari pihak ketiga, review, atau sumber tepercaya lainnya.
Trustworthiness (Kepercayaan)Kepercayaan yang dibangun melalui konten yang akurat dan dapat diandalkan.Pastikan akurasi informasi dan sertakan sumber yang dapat diverifikasi.

Jadi gini, EEAT adalah checklist buat Google Quality Raters (orang-orang yang menilai kualitas halaman web) buat mengevaluasi seberapa bagus dan layak percaya sebuah halaman web atau si pembuat kontennya. 

Misalnya, kalau ada artikel tentang tips mendaki gunung, lebih oke kalo ditulis sama orang yang memang sering mendaki dan punya banyak pengalaman, daripada yang cuma baca-baca doang. 

EEAT ini bukan faktor peringkat langsung yang digunakan Google buat nentuin posisi halaman di hasil pencarian. Namun, prinsip ini sangat mempengaruhi bagaimana algoritma pencarian Google menilai dan meranking halaman untuk topik dan pertanyaan berbeda. 

Jadi, kalo kamu mau tulisanmu bagus di mata Google, pastikan kamu mengimplementasikan EEAT ke dalam tulisanmu!

Strategi Penulisan Artikel SEO 

Di bagian ini, aku akan bahas gimana caranya bikin artikel SEO yang bagus! Kamu bisa menerapkan ini saat sedang menulis artikel SEO untuk klien maupun untuk blog pribadi. 

1. Riset Kata Kunci

Ini langkah pertama dan paling penting. Kamu perlu tahu apa sih yang sering dicari orang di Google. 

Misalnya, kamu mau nulis tentang “resep kue kering”. 

Nah, kamu harus riset dulu, kata kunci apa yang orang pakai buat cari topik ini. 

Kamu bisa pakai tools seperti Semrush atau Ahrefs buat bantu kamu menemukan kata kunci yang ideal.

Ciri-ciri kata kunci ideal untuk SEO: 

Ciri-CiriDeskripsi
Search Volume TinggiJumlah pencarian per bulan yang tinggi menunjukkan banyak orang yang tertarik pada topik tersebut. Mulai dari: 500-3000 pencarian per bulan
Keyword Difficulty RendahTingkat persaingan yang rendah berarti lebih mudah untuk artikelmu muncul di halaman pertama hasil pencarian. Keyword difficulty 0-20 ideal untuk blog/website baru. 
Search Intent yang JelasPemahaman yang baik tentang apa yang dicari pengguna saat menggunakan kata kunci tersebut.
Relevansi TopikKata kunci harus relevan dengan topik artikel atau bisnis kamu.
Potensi Konversi TinggiKata kunci yang dapat mengarahkan pengunjung yang memiliki kemungkinan tinggi untuk melakukan aksi atau pembelian.

2. Struktur Artikel yang SEO Friendly

Artikelmu harus rapi dan mudah dibaca. Ini bukan cuma bikin pembaca senang, tapi juga bikin Google lebih gampang ‘mengerti’ isi artikelmu. 

Pastikan kamu punya pendahuluan yang menarik, isi yang padat informasi, dan kesimpulan yang memantapkan.

3. Heading dan Subheading

Pakai heading (H1, H2, H3, dst.) untuk membagi artikelmu jadi beberapa bagian. Heading akan membuat artikelmu lebih terorganisir dan membantu SEO. 

Misal, di artikel “Resep Kue Kering”, kamu bisa punya H2 seperti “Bahan-bahan yang Diperlukan” atau “Langkah-langkah Membuat Kue Kering”.

4. Link Building – Internal dan External Link

Link building bertindak seperti jaringan pertemanan buat artikelmu. 

Dengan menyertakan link ke artikel lain di websitemu (internal link), kamu ngajak pembaca buat jelajah lebih jauh. 

Sedangkan, menyematkan link ke website lain (external link) bisa menambah kredibilitas artikelmu. 

Misal, kamu kasih link ke situs terpercaya yang bahas manfaat coklat di artikelmu tentang resep kue coklat.

Pesan untuk Penulis 

Nah, buat kamu para penulis di luar sana, ada pesan penting nih! Zaman sekarang, menulis artikel SEO itu bisa jadi pintu buat melancarkan karir penulisan kamu. 

Menurut laporan dari HubSpot, 70% digital marketer itu aktif menginvestasikan dana mereka ke content marketing, termasuk membayar penulis artikel SEO. 

Ini artinya, permintaan untuk artikel yang SEO-friendly itu tinggi banget!

Jadi, artikel SEO bukan cuma terpakai untuk menambah portofolio atau iseng-iseng menulis blog lagi. 

Belajar cara menulis artikel SEO dengan baik bisa buka kesempatan kamu untuk kerja sama dengan berbagai perusahaan besar. 

Mereka butuh penulis yang bisa bikin konten yang bagus dan informatif sekaligus ramah mesin pencari, supaya websitenya makin banyak dikunjungi.

Mulailah dengan memahami prinsip-prinsip SEO, riset kata kunci yang efektif, dan cara menyusun artikel yang menarik sekaligus SEO-friendly

Dan ingat, SEO itu bukan hanya soal mengejar ranking di Google aja, tapi lebih ke cara kamu bikin artikel yang bermanfaat dan mudah ditemukan oleh pembaca yang membutuhkannya.

Jadi, buat kamu yang punya passion di dunia penulisan, ini saatnya untuk upgrade skillmu dan mungkin mulai menawarkan jasa penulisan artikel SEO. 

Siapa tahu, penjelasan aku soal pengertian artikel SEO ini bisa jadi langkah awal kamu buat jadi penulis profesional yang dicari banyak perusahaan! Keep writing, dan jangan lupa terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan SEO terkini.

Referensi: 

  1. Organic Search Improves Ability to Map to Consumer Intent:. (n.d.). BrightEdge. Retrieved February 26, 2024, from https://videos.brightedge.com/research-report/BrightEdge_ChannelReport2019_FINAL.pdf 
  2. 2024 Marketing Statistics, Trends & Data — The Ultimate List of Digital Marketing Stats. (n.d.). HubSpot. Retrieved February 26, 2024, from https://www.hubspot.com/marketing-statistics 
  3. What is Google E-E-A-T? How To Demonstrate First-Hand Experience. (2022, December 15). Search Engine Journal. Retrieved February 26, 2024, from https://www.searchenginejournal.com/google-e-e-a-t-how-to-demonstrate-first-hand-experience/474446/ 

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *