artikel SEO adalah
Artikel

Artikel SEO adalah Cara Menyampaikan Informasi Ramah Search Engine

Ketika mencari sebuah keyword di mesin penelusuran, kamu pasti akan langsung meng-klik website yang berada di paling hasil penelusuran, bukan? Nah, kamu tahu tidak sih, kalau yang kamu klik itu biasanya adalah artikel SEO, lho!

Kita sedang berada pada era digital 4.0. Saat ini, hampir semua hal dapat kita lakukan secara online. Industri digital berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini. Perusahaan-perusahaan menjalankan bisnisnya secara online, sehingga website merupakan salah satu hal penting yang perlu mendapat perhatian lebih.

Dalam mengembangkan website, menulis artikel SEO adalah pilihan yang tepat. Kemampuan menulis artikel SEO dapat menjadi bekal yang menjanjikan, lho! Yuk, kenali dan belajar SEO melalui penjelasan berikut.

Apa itu Artikel SEO?

Sebelum membahas artikel SEO, kita perlu mengetahui pengertian SEO itu sendiri. Apa sih SEO itu?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu proses pengoptimalisasian sebuah website agar mudah ditemukan pada mesin telusur (search engine). Atau dalam pengertian yang lebih simple, SEO merupakan proses penempatan suatu website pada peringkat atas dalam hasil penelusuran.

Dengan begitu, maka artikel SEO adalah konten tulisan yang ditulis agar sebuah website berada di paling atas hasil penelusuran.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Artikel SEO memiliki beberapa perbedaan dengan artikel biasa. Yang pertama adalah tujuan penulisannya. Artikel SEO bertujuan untuk memposisikan pada peringkat atas hasil penelusuran. Sedangkan, artikel biasa berfokus hanya untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca.

BACA JUGA:   Apa itu Recount Text dan Contohnya

Perbedaan selanjutnya ada pada penulisan artikel. Terdapat beberapa ketentuan dalam penulisan SEO agar dapat mencapai tujuan tersebut. Berikut ini beberapa perbedaan dari penulisan artikel SEO dan artikel biasa.

Penggunaan Keyword

Dalam menulis artikel SEO, kamu harus memasukan keyword atau kata kunci pada judul dan isi artikel secara natural. Hal ini bertujuan agar website dapat muncul di bagian atas ketika ada yang mencari keyword tersebut.

Selain itu memasukan keyword, kamu juga dapat mencantumkan link yang mengarah pada laman lain. Link yang tercantum ini biasanya membahas hal yang berkaitan dengan artikel SEO itu sendiri.

Penggunaan Paragraf yang Pendek

Dan yang terakhir, paragraf dalam artikel SEO biasanya hanya mengandung 2-3 kalimat. Ini bertujuan untuk memudahkan pembaca yang menggunakan perangkat mobile. 

Manfaat Artikel SEO

Lalu kalau sudah berada di peringkat atas memangnya sebuah website akan mendapat manfaat apa saja? 

Sebuah website akan mendapat banyak manfaat ketika sudah menempati posisi atas hasil penelusuran. Salah satunya adalah mendapatkan lebih banyak traffic. 

Traffic adalah jumlah orang yang mengunjungi sebuah website. Kebanyakan dari orang akan memilih peringkat-peringkat atas dari hasil penelusuran, sehingga website yang ada pada bagian bawah memiliki pengunjung yang cenderung lebih sedikit.

Dengan manfaat tersebut, artikel SEO adalah jenis artikel yang cocok kamu buat dalam menjalankan sebuah website. Jadi gimana, setelah membaca penjelasan serta manfaatnya yang super besar, kamu semakin tertarik kan untuk belajar SEO lebih dalam?


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *