8 Cara Menulis Resep Masakan yang Baik dan Benar
Artikel

8 Cara Menulis Resep Masakan yang Baik dan Benar

Kamu mungkin sedang ingin membagikan tips memasakmu kepada banyak orang lainnya. Nah, ini cara menulis resep masakan yang baik dan benar. Sebagai seorang yang gemar memasak dan berbagi resep, saya tahu betul pentingnya menulis resep dengan cara yang jelas dan mudah diikuti.

Pengertian Resep Masakan

Menurut KBBI, resep masakan adalah keterangan tentang bahan dan cara memasak makanan. Kamu bisa menuliskan resep masakanmu dan membagikannya kepada banyak orang lewat artikel maupun media sosial. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara menulis resep masakan yang baik dan benar. Jadi, bacalah artikel ini lebih lanjut agar tidak membuat kesalahan!

8 Cara Menulis Resep Masakan Lengkap dengan Contohnya

Berikut adalah beberapa cara menulis resep masakan yang bisa kamu ikuti:

1. Judul Resep

Mulailah dengan judul yang jelas dan deskriptif. Misalnya, “Ayam Goreng Bumbu Kunyit” atau “Soto Ayam Tradisional”. Judul yang spesifik akan memberikan gambaran awal tentang masakan yang akan dibuat.

2. Daftar Bahan

Beri daftar bahan yang diperlukan dalam urutan penggunaannya. Cantumkan jumlah yang tepat untuk setiap bahan. Misalnya, “500 gram ayam, potong menjadi beberapa bagian”, “1 sendok teh garam”, atau “2 buah wortel, iris tipis”.

3. Langkah-langkah Memasak

Tulis langkah-langkah memasak dengan urutan yang logis dan mudah diikuti. Gunakan kalimat yang jelas dan tidak bertele-tele. Misalnya, “Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum”, diikuti dengan langkah berikutnya secara berurutan.

BACA JUGA:   5 Tips Anti Gagal Menulis Judul Artikel yang SEO Friendly

4. Waktu dan Suhu Memasak

Jika resep memerlukan pengaturan waktu dan suhu, seperti saat memanggang atau merebus, sebutkan secara spesifik. Contoh: “Panggang pada suhu 180°C selama 25 menit”.

5. Ukuran dan Satuan

Gunakan ukuran dan satuan yang standar dan mudah dipahami, seperti gram, sendok teh, atau cangkir. Hal ini membantu pembaca dalam mengukur bahan dengan akurat.

6. Tips Tambahan

Sertakan tips atau saran yang bisa membantu dalam proses memasak, misalnya “Untuk ayam yang lebih empuk, marinasi terlebih dahulu selama 30 menit”.

7. Foto Hasil Masakan

Menambahkan foto hasil akhir masakan bisa menjadi referensi visual yang sangat membantu bagi pembaca.

8. Penutup

Sebagai penutup, kamu bisa memberikan saran penyajian, seperti “Sajikan dengan nasi hangat dan sambal”.

Contoh Penulisan Resep:

Ayam Goreng Bumbu Kunyit

Bahan:
500 gram ayam, potong menjadi beberapa bagian
1 sendok teh kunyit bubuk
2 sendok makan kecap manis
Garam dan merica secukupnya

Cara Memasak:
1. Campur ayam dengan kunyit, kecap, garam, dan merica.
2. Aduk rata dan marinasi selama 30 menit.
3. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kecokelatan dan matang.
4. Angkat dan tiriskan.

Tips: Untuk rasa yang lebih meresap, tusuk-tusuk daging ayam sebelum dimarinasi.
Penyajian: Sajikan dengan nasi hangat dan lalapan.

Itulah cara menulis resep yang baik dan benar. Dengan menulis resep secara terstruktur dan jelas, kamu tidak hanya membantu diri sendiri untuk mengingat resep tersebut, tapi juga memudahkan orang lain untuk mengikuti dan menciptakan hidangan yang lezat. Selamat mencoba!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *