7 Tips Menulis Artikel SEO Biar Klien Repeat Order
Artikel

7 Tips Menulis Artikel SEO Biar Klien Repeat Order

Menulis artikel SEO bukan hanya tentang memasukkan kata kunci di sana-sini. Ada tips menulis artikel SEO yang membuat artikelmu bisa jadi SEO-friendly, namun tetap bermanfaat dan menarik bagi pembaca. 

Artikel SEO yang baik bisa meningkatkan peringkat website di mesin pencari dan secara tidak langsung menjadi bagian dari branding klienmu. 

Yuk, simak beberapa tips menulis artikel SEO yang bisa membuat artikelmu menjadi bintang di mata klien dan pembaca!

1. Sadari bahwa Artikel adalah Bagian dari Branding Klien

Ketika kamu menulis artikel SEO, ingatlah bahwa kamu sedang ‘berbicara’ atas nama brand klienmu. Gaya penulisan, tone, bahkan pemilihan kata harus mencerminkan brand tersebut. 

Artikel yang baik akan meningkatkan citra brand dan membangun kepercayaan dengan audiensnya. Jadi, pahami benar nilai dan persona brand klienmu sebelum mulai menulis.

2. Pahami Keyword dan Maksud Pencarian

Riset keyword adalah langkah awal yang penting. Gunakan alat seperti SEMrush untuk menemukan kata kunci yang relevan. Tapi, jangan berhenti di situ. 

Pahami juga maksud di balik pencarian tersebut (search intent). 

Apakah pembaca ingin belajar sesuatu (informatif), mencari website tertentu (navigational), melakukan pembelian (transactional), atau membandingkan produk (commercial)? 

Pengetahuan ini akan membantumu menulis konten yang tepat sasaran.

3. Outline Membantumu Merapikan Ide

Sebelum menulis, buatlah outline atau kerangka artikel. Outline membantumu mengorganisir ide dan memastikan setiap bagian penting tercover. 

BACA JUGA:   5 Jenis Artikel SEO Lengkap dengan Contohnya

Hal ini memudahkanmu dalam menulis dan memastikan artikelmu koheren dan sistematis.

4. Subheading Membuat Klien Senang

Subheading atau subjudul memperjelas struktur artikel dan membuatnya lebih mudah untuk di-scan. Pembaca bisa cepat mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 

Bagi klien, artikel yang terstruktur rapi dengan subheading yang jelas tentu lebih menarik dan profesional.

5. Kerapian Artikel Bikin Klien Ketagihan

Artikel yang rapi, bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa, serta format artikel SEO yang konsisten, akan membuat pembaca dan klienmu terkesan. 

Kamu bisa menggunakan bullet points atau penomoran untuk membuat artikelmu lebih enak dibaca dan rapi. 

6. Tulis Artikel Sesuai dengan Target Audiens Klien

Setiap klien memiliki preferensi gaya penulisan yang berbeda—ada yang formal, semi-formal, atau santai. Sesuaikan gaya penulisanmu dengan kebutuhan dan target audiens klien. 

Misalnya, jika kamu menulis untuk website yang menargetkan profesional muda, gaya penulisan yang santai dan langsung mungkin lebih efektif.

7. Kirim Artikel Tepat Waktu

Ketepatan waktu dalam pengiriman artikel menunjukkan profesionalismemu. Selain itu, di dunia digital yang cepat berubah, konten yang relevan dan tepat waktu sangat penting. 

Dengan mengirimkan artikel tepat waktu, kamu membantu klienmu tetap relevan dan kompetitif.

Studi Kasus Penulisan Artikel SEO

Misalnya, kamu diminta menulis artikel dengan keyword “tips diet sehat”. 

  • Pertama, lakukan riset untuk menemukan keyword terkait dan pahami maksud pencarian audiens. 
  • Buatlah outline yang mencakup subjudul seperti “Mengapa Diet Sehat Penting?”, “5 Tips Diet Sehat yang Mudah Diikuti”, dan “Menghindari Jebakan Diet Tidak Sehat”. 
  • Tulislah konten yang informatif dengan gaya yang sesuai target audiens klien, misalnya kaum muda akan lebih menyukai penjelasan langsung dan ringkas. 
  • Periksa kerapian artikelmu dan kirim tepat waktu untuk memuaskan klien.
BACA JUGA:   7 Tips Menulis di Media Cetak, Penulis Harus Baca!

Dengan mengikuti tips menulis artikel SEO ini, kamu tidak hanya memuaskan klien tapi juga memberi nilai tambah pada pembaca. Ingat, artikel SEO yang baik adalah yang mampu berada di posisi teratas mesin pencari sekaligus memikat hati pembaca. Selamat menulis!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *