5 Jenis Artikel SEO Lengkap dengan Contohnya
Artikel - Jenis Tulisan

5 Jenis Artikel SEO Lengkap dengan Contohnya

Kamu mungkin sering mendengar istilah artikel SEO. Tapi, apa sih sebenarnya artikel SEO itu? Artikel SEO adalah konten artikel yang sudah teroptimasi untuk mesin pencari

Dalam dunia yang serba digital, penulis harus mengenal berbagai jenis artikel SEO, terutama buat kamu yang ingin menawarkan jasa penulisan artikel SEO atau sekadar ingin menjangkau lebih banyak orang dengan kontenmu. 

Lewat artikel ini, aku akan mengenalkanmu pada berbagai jenis artikel SEO dan bagaimana mereka bisa membantumu dalam meraih tujuan tersebut.

1. Artikel Informatif

Artikel informatif berisi kumpulan informasi yang berguna dan mendalam tentang suatu topik. 

Tujuannya adalah untuk mendidik pembaca dengan menyajikan fakta-fakta dan data yang akurat. 

Contoh artikel informatif di tikawidya.com: 

Setiap artikel informatif di tikawidya.com ini ditulis untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya di bidang penulisan. 

Selain itu, aku juga punya keinginan untuk memotivasi dan menginspirasi pembaca agar dapat menerapkan pengetahuan yang aku punya dalam karya-karya mereka sendiri. 

Ini menunjukkan bahwa artikel informatif dapat menjadi sumber pengetahuan yang berharga bagi siapa saja yang ingin belajar dan berkembang dalam bidang penulisan.

2. Artikel Review

Artikel review memberikan ulasan terperinci tentang produk atau jasa. 

Tujuannya adalah untuk membantu pembaca membuat keputusan berdasarkan penilaian objektif serta pengalaman pribadi. 

Contoh artikel review di tikawidya.com: 

BACA JUGA:   5 Alasan Mengapa Judul Artikel SEO itu Penting

Artikel seperti ini membantu pembaca memahami kelebihan dan kekurangan produk atau layanan  sebelum membelinya.

3. Artikel How-to

Artikel jenis ini menjelaskan secara step by step cara melakukan sesuatu. Tujuannya adalah memberikan panduan praktis yang mudah diikuti oleh pembaca. 

Contoh artikel How-to di tikawidya.com

Artikel How-to berisi cara untuk melakukan sesuatu. Di tikawidya.com, aku menggunakan artikel jenis ini untuk memberikan informasi seputar cara menulis maupun berkomunikasi di dunia literasi. 

4. Artikel Listicle

Listicle adalah artikel yang berisi daftar tentang suatu topik. Artikel jenis ini biasanya membuat informasi lebih mudah dicerna dan menarik. 

Contoh artikel listicle di tikawidya.com

Nah, artikel listicle memang bikin judul terkesan lebih menarik di mata pembaca. Artikel ini juga berfungsi untuk mengatur ekspektasi pembaca tentang seberapa panjang atau lengkap artikelnya. 

Misalnya begini, artikel listicle dengan angka lebih dari 15 akan membuat pembaca merasa bahwa isinya lebih lengkap. Sedangkan, artikel listicle dengan angka lebih rendah dari 15 akan membuat pembaca merasa bahwa artikelnya cukup pendek untuk dinikmati kapan saja. 

5. Artikel Berita

Artikel berita menyajikan informasi terkini atau update terbaru seputar topik tertentu. Tujuannya adalah untuk menyampaikan berita atau perkembangan terbaru kepada pembaca. 

Contoh artikel berita di Tikawidya.com: 

BACA JUGA:   5 Tips Anti Gagal Menulis Judul Artikel yang SEO Friendly

Ketiga artikel berita di atas ditulis untuk menyampaikan berita tentang webinar menulis gratis yang aku buka setiap bulan. Artikel ini bertujuan memberi informasi ke pembaca setia soal kegiatan yang aku lakukan. 

Kesimpulan

Setiap jenis artikel SEO memiliki cara penulisan yang unik dan tujuan yang berbeda. Namun, intinya tetap sama: membuat kontenmu mudah ditemukan di internet. 

Dengan mengetahui jenis-jenis artikel SEO, kamu bisa lebih strategis dalam membuat konten yang menarik dan SEO friendly. Ini adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas online, baik itu blog pribadi, website bisnis, atau platform lainnya.

Menguasai berbagai jenis artikel SEO ini penting untuk pribadi, bisnis maupun untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. Di era digital, informasi cepat berubah dan teknologi selalu diperbarui. Oleh karena itu, pengetahuan tentang artikel SEO menjadi aset berharga.

Dengan menulis artikel SEO yang baik dan sesuai dengan kebutuhan audiens, kamu bisa meningkatkan traffic ke situsmu sekaligus membangun kepercayaan dengan pembaca. 

Ini adalah langkah awal yang penting dalam membangun hubungan jangka panjang dengan audiensmu, yang pada akhirnya bisa berkontribusi pada kesuksesanmu di dunia digital. 

Jadi, mulai sekarang, jangan ragu untuk mulai menulis berbagai jenis artikel SEO!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *