4 Tujuan Penulisan Artikel Digital, Penulis Cerdas Pasti Tahu
Artikel

4 Tujuan Penulisan Artikel Digital, Penulis Cerdas Pasti Tahu

Writers, kamu mungkin sudah sering membaca artikel di internet. Namun, jika kamu ingin bekerja sebagai penulis artikel untuk media dan perusahaan, kamu harus belajar tujuan penulisan artikel di media digital.

Artikel digital, yang kita temukan di berbagai platform seperti blog, situs berita, atau media sosial, ternyata punya beberapa tujuan khusus. Mengetahui tujuan khusus ini akan membantumu menjadi penulis artikel favorit para klien. Sebab, melihat tujuan atau maksud pencarian sebuah artikel akan membantu kita menuliskan artikel yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pemesan.

Oleh karena itulah, saya akan menjelaskan beberapa tujuan penulisan artikel di media digital dalam tulisan kali ini!

Apa itu Artikel Digital?

Pertama, pengertiannya sederhana: artikel digital adalah tulisan yang dibuat untuk disebarkan melalui internet. Ciri-cirinya meliputi format yang mudah dibaca di layar, seperti paragraf yang lebih pendek dan penggunaan subjudul, serta keterlibatan multimedia seperti gambar atau video untuk menambah daya tarik.

Setiap media digital dan klien pasti ingin artikelnya berada di halaman pertama Google. Tetapi, bukan hanya itu yang penting. Visibilitas memang membantu performa namun artikel yang ditulis sesuai dengan tujuan penulisan akan mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi mereka.

4 Tujuan Penulisan Artikel Digital

tujuan penulisan artikel digital
Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Ada 4 tujuan penulisan artikel yang dipublikasikan secara digital. Ini penjelasannya!

1. Tujuan Penulisan Artikel: Informatif

Tujuan utama penulisan artikel informatif adalah menyediakan data dan fakta yang objektif kepada pembaca. Artikel ini berfokus pada penyampaian informasi yang akurat dan bermanfaat, tanpa mencoba mempengaruhi opini atau menjual produk. Artikel informatif harus ditulis dengan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan menyajikan informasi secara logis.

Jenis-Jenis Artikel Informatif:

  1. Artikel Edukasi: Artikel ini bertujuan untuk mengedukasi pembaca tentang suatu topik atau isu. Misalnya, artikel tentang pentingnya diet seimbang untuk kesehatan. Artikel ini akan menyajikan informasi tentang berbagai jenis makanan dan manfaatnya bagi tubuh.
  2. Artikel Berita: Fokus utama artikel ini adalah menyampaikan berita atau informasi terkini. Contoh artikel berita adalah laporan tentang perkembangan terbaru dalam penelitian ilmiah atau update tentang situasi politik terkini.
  3. Artikel Panduan: Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan langkah demi langkah dalam melakukan sesuatu. Contoh dari artikel panduan adalah cara merawat tanaman di rumah, yang akan memberikan instruksi praktis dan tips perawatan.
  4. Artikel Analisis: Artikel jenis ini menyajikan analisis mendalam tentang suatu topik. Misalnya, sebuah artikel yang menganalisis dampak ekonomi dari kebijakan pemerintah baru. Artikel ini akan menyajikan data, grafik, dan interpretasi terhadap data tersebut.
BACA JUGA:   Cara Menulis Review Video yang Menarik

Contoh-Contoh Artikel Informatif:

  1. Perubahan Iklim: Artikel informatif tentang perubahan iklim akan menyajikan fakta ilmiah, data statistik, dan hasil penelitian. Artikel ini akan membahas penyebab dan dampak perubahan iklim, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk menguranginya.
  2. Kesehatan: Sebagai contoh, artikel informatif di bidang kesehatan mungkin membahas cara pencegahan penyakit tertentu. Informasi yang disajikan meliputi gejala, cara penularan penyakit, dan langkah pencegahan yang efektif.

Dengan menyajikan informasi yang akurat dan objektif, artikel informatif membantu pembaca memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai topik. Sebagai penulis, penting untuk melakukan riset yang menyeluruh, menggunakan sumber yang terpercaya, dan mempertahankan objektivitas dalam setiap artikel yang ditulis.

2. Tujuan Penulisan Artikel : Komersial

Ketika kamu menulis artikel komersial, tujuan utamamu adalah untuk mempromosikan produk, jasa, atau brand tertentu. Ini berbeda dengan artikel informatif yang lebih berfokus pada penyampaian informasi. Dalam artikel komersial, kamu mencoba untuk meyakinkan pembaca mengapa mereka harus tertarik atau membeli produk yang kamu promosikan.

Tujuan Utama Artikel Komersial:

  1. Mempromosikan Produk atau Jasa: Artikel ini biasanya menyoroti fitur, manfaat, dan keunggulan produk atau jasa yang diiklankan. Contoh judul mungkin “10 Alasan Mengapa Smartphone XYZ Adalah Pilihan Terbaik di Tahun Ini”.
  2. Meningkatkan Brand Awareness: Artikel komersial sering digunakan untuk membangun kesadaran tentang sebuah brand. Contoh judulnya bisa “Mengenal Lebih Dekat dengan Brand Fashion ABC: Inovasi dan Gaya”.
  3. Mendorong Penjualan: Artikel ini sering berisi ajakan untuk bertindak (call-to-action) yang mendorong pembaca untuk melakukan pembelian atau mengunjungi situs web. Sebagai contoh, judulnya mungkin “Dapatkan Diskon Eksklusif 20% untuk Setiap Pembelian di Website Kami Hari Ini!”
  4. Menjalin Hubungan dengan Pelanggan: Artikel komersial juga bisa digunakan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Misalnya, judulnya bisa “Cerita di Balik Produk Kami: Komitmen Terhadap Kualitas dan Pelayanan”.

Contoh-Contoh Artikel Komersial:

  1. Pengenalan Produk Baru: Artikel dengan judul seperti “Inovasi Terbaru di Dunia Kecantikan: Serum Wajah XYZ” bertujuan untuk memperkenalkan produk baru ke pasar.
  2. Promosi Penjualan: Contoh lain adalah artikel dengan judul “Liburan Akhir Tahun: Temukan Penawaran Terbaik Kami!” yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca pada penawaran khusus atau diskon.
BACA JUGA:   8 Cara Menulis Resep Masakan yang Baik dan Benar

Ingat, dalam menulis artikel komersial, penting untuk tetap menjaga kredibilitas dan tidak berlebihan dalam promosi. Pastikan informasi yang kamu sampaikan akurat, menarik dan tidak terlalu hard selling. Dengan cara ini, kamu tidak hanya akan berhasil dalam tujuan komersialmu, tetapi juga membangun kepercayaan dan loyalitas dari pembaca.

3. Tujuan Penulisan Artikel: Navigasional

Saat kamu menulis artikel navigasional, tujuan utamamu adalah untuk membantu pembaca menemukan informasi spesifik atau mencapai tujuan tertentu di internet. Artikel jenis ini seringkali bertujuan untuk menuntun pembaca ke bagian lain dari sebuah website atau untuk menjawab pertanyaan spesifik mereka.

Tujuan Utama Artikel Navigasional:

  1. Menuntun Pembaca ke Sumber Informasi Lain: Artikel ini membantu pembaca menemukan halaman lain di website yang sama atau sumber eksternal yang relevan. Contohnya, sebuah artikel dengan judul “Panduan Lengkap Menggunakan Fitur Baru di Aplikasi Kami” bertujuan untuk mengarahkan pembaca ke halaman yang menjelaskan tentang fitur baru tersebut.
  2. Menjawab Pertanyaan Spesifik: Artikel navigasional seringkali bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang spesifik pembaca, seperti FAQ (Frequently Asked Questions). Contohnya, sebuah artikel berjudul “Cara Mengubah Pengaturan Privasi di Akun Anda” secara langsung menjawab pertanyaan umum pengguna.
  3. Meningkatkan Pengalaman Pengguna di Website: Tujuan lainnya adalah untuk membuat navigasi situs lebih mudah dan intuitif bagi pengguna, misalnya melalui artikel berjudul “Tips dan Trik Navigasi Website Kami untuk Pengalaman yang Lebih Baik”.

Contoh-Contoh Artikel Navigasional:

  1. Panduan Langkah-demi-Langkah: Sebuah artikel dengan judul “Langkah Mudah Mengaktifkan Fitur Keamanan di Aplikasi X” bertujuan untuk memandu pembaca melalui proses tersebut dengan jelas.
  2. Tanya Jawab: Artikel seperti “Apa dan Bagaimana Sistem Poin Hadiah Kami Bekerja” bertujuan untuk menjelaskan aspek spesifik dari sebuah layanan atau produk.

Dalam menulis artikel navigasional, penting untuk menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Jangan lupa untuk menyertakan tautan yang relevan dan pastikan bahwa informasi tersebut benar-benar membantu pembaca dalam navigasi mereka. Dengan ini, kamu tidak hanya memberikan nilai tambah bagi pembaca, tetapi juga meningkatkan kualitas interaksi mereka dengan website atau aplikasi yang kamu promosikan.

4. Tujuan Penulisan Artikel: Transaksional

Saat berbicara tentang artikel transaksional, tujuan utamamu adalah untuk memfasilitasi atau menginisiasi transaksi. Artinya, artikel jenis ini berguna untuk membimbing pembaca hingga mereka melakukan tindakan spesifik seperti pembelian, pendaftaran, atau pengunduhan.

BACA JUGA:   Menulis Artikel Opini: Pengertian, Struktur, Cara dan Contohnya

Tujuan Utama Artikel Transaksional:

  1. Mendorong Pembelian: Artikel transaksional sering kali berfokus pada penjualan produk atau jasa. Sebagai contoh, artikel dengan judul “5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Smartwatch XYZ Sekarang Juga” bertujuan untuk meyakinkan pembaca tentang nilai dan kegunaan produk tersebut, sehingga mendorong pembelian.
  2. Mendorong Pendaftaran atau Langganan: Artikel ini juga digunakan untuk mendorong pembaca agar mendaftar atau berlangganan suatu layanan. Misalnya, artikel berjudul “Bergabung dengan Klub Keanggotaan Kami dan Nikmati Manfaat Eksklusif” bertujuan untuk mendorong pembaca agar menjadi anggota.
  3. Memfasilitasi Pengunduhan: Dalam konteks aplikasi atau software, artikel transaksional bisa berjudul “Unduh Aplikasi Terbaru Kami dan Temukan Fitur-Fitur Menariknya!” dengan tujuan mendorong pembaca untuk mengunduh aplikasi.

Contoh-Contoh Artikel Transaksional:

  1. Promosi Penjualan: Artikel dengan judul “Penawaran Terbatas: Diskon 30% untuk Semua Produk Selama Akhir Pekan Ini” dirancang untuk menciptakan rasa urgensi dan mendorong pembelian segera.
  2. Ajakan Untuk Berpartisipasi: Sebuah artikel berjudul “Daftar Sekarang untuk Webinar Gratis: Strategi Pemasaran Digital di Era Baru” bertujuan untuk mendorong pembaca agar mendaftar dan mengikuti acara tersebut.

Dalam menulis artikel transaksional, penting untuk membuat pesan yang jelas dan menarik, dengan memperjelas manfaat untuk pembaca. Menggunakan ajakan bertindak yang kuat (call-to-action) juga krusial untuk mengarahkan pembaca menuju tindakan yang kamu inginkan. Ingatlah, keberhasilan artikel transaksional terletak pada kemampuanmu untuk meyakinkan pembaca tentang nilai dan keuntungan yang akan mereka peroleh.

Kesimpulan

Meskipun ada 4 tujuan yang bisa kamu sesuaikan dengan artikelmu, tujuan utama dari penulisan artikel di media digital adalah untuk menginformasikan, mengedukasi, menghibur, atau mempengaruhi opini publik. Misalnya, sebuah artikel tentang kesehatan bertujuan untuk mengedukasi pembaca tentang gaya hidup sehat. Artikel opini, di sisi lain, berusaha mempengaruhi pandangan pembaca tentang isu tertentu.

Selain itu, penulisan artikel digital juga bisa bertujuan untuk meningkatkan keterlihatan online, baik itu untuk personal branding, promosi bisnis, atau tujuan SEO (Search Engine Optimization). Dengan menulis artikel yang relevan dan menarik, penulis dapat menarik lebih banyak pengunjung ke situsnya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan reputasi atau penjualan.

Dalam semua kasus, kunci dari artikel digital yang sukses adalah konten yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan penulisan artikel. Jadi, saat kamu menulis, ingatlah untuk menyesuaikan gaya dan isi tulisanmu dengan kebutuhan dan preferensi audiensmu.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *