tips penulisan karya tulis ilmiah
Akademis

Tips Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah laporan tertulis mengenai sebuah penelitian. Penyusunannya harus kamu perhatikan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan. Berikut ini tips penulisan karya tulis ilmiah yang perlu kamu terapkan.

Yuk, langsung simak penjelasan berikut untuk mengetahui bagaimana cara penulisan yang baik!

Pahami Struktur dan Gaya Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Pertama-tama, sebelum mulai menyusun karya tulis ilmiah, kamu perlu memahami struktur dan gaya penulisannya terlebih dahulu.

Karya tulis ilmiah adalah tulisan yang tersusun secara sistematis dengan bahasa yang resmi. Sehingga, penggunaan struktur dan gaya bahasa yang sesuai merupakan hal penting yang harus kamu lakukan.

Struktur dari karya tulis ilmiah sendiri yaitu sebagai berikut.

Judul

Abstrak

Pendahuluan

  • Latar Belakang Masalah
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Penelitian
  • Manfaat Penelitian

Kerangka Teori

  • Landasan Teori
  • Hipotesis Penelitian
  • Penelitian Terdahulu

Metode Penelitian

  • Jenis Penelitian
  • Definisi Konsep dan Operasional Variabel
  • Populasi dan Sampel Penelitian
  • Sumber dan Teori Pengumpulan Data
  • Teknik Analisis Data

Pembahasan

Penutup

  • Kesimpulan
  • Saran

Daftar Pustaka

Lampiran

Sedangkan untuk gaya penulisannya, karya ilmiah menggunakan bahasa yang baku, formal, dan resmi. Penggunaan bahasa baku memudahkan orang dalam memahami pembahasan dalam karya ilmiah. Hal ini juga digunakan untuk menghindari keambiguan dalam penyampaian pesan.

Pilih Topik yang Menarik dan Kamu Pahami

Tips yang kedua adalah memilih topik penelitian yang menarik dan kamu pahami. Kamu bisa mengangkat topik penelitian dari berbagai hal yang sedang populer di masyarakat. Dengan begitu, penelitianmu dapat menarik banyak pembaca.

BACA JUGA:   Apa yang Dimaksud dengan Penulisan Karya Ilmiah Harus Objektif dan Faktual?

Selain menarik, topik penelitian juga harus merupakan bidang yang kamu pahami. Tentu tidak lucu, kan, kalau topik dan judul penelitiannya sudah bagus, tetapi kamu tidak memahaminya? Topik yang tidak kamu pahami ini akan membuatmu kebingungan dalam mengembangkan penelitian.

Baca Banyak Referensi Topik Terkait

Selanjutnya, perbanyaklah membaca referensi mengenai topik terkait. Dalam menyusun karya tulis ilmiah, jangan terpaku dengan satu sumber saja. Dengan banyak referensi, penelitianmu akan jadi semakin lengkap dan akurat.

Kamu bisa menjadikan contoh karya tulis mahasiswa dan kumpulan karya ilmiah kampus dengan topik yang sama dengan penelitianmu sebagai acuan.

Namun, perhatikan sumber referensi yang kamu gunakan, ya. Pastikan sumber tersebut telah terbukti kebenarannya.

Tentukan Batasan Penelitian yang Jelas

Untuk kamu yang masih bingung mengenai bagaimana cara menulis karya ilmiah yang berkualitas dan relevan, ini lah jawabannya. Yup, batasan penelitian.

Karya tulis ilmiah yang baik harus memiliki batasan penelitian yang jelas. Jika tidak dibatasi, penelitian akan menjadi sangat luas dan pembahasannya tidak lagi relevan dengan topik.Selain beberapa tips penulisan karya tulis ilmiah di atas, kamu juga harus melakukan tahap evaluasi akhir untuk mengecek kebenarannya. Jangan lupa terapkan tips-tips ini, ya!


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *