ketentuan umum penulisan laporan penelitian
Akademis

Ketentuan Umum Penulisan Laporan Penelitian

Penyusunan laporan penelitian adalah bagian penting yang ada dalam setiap penelitian ilmiah. Laporan ini adalah bukti bahwa penelitian telah terjadi. Agar mudah dipahami banyak orang, terdapat beberapa ketentuan umum penulisan laporan penelitian yang harus kamu terapkan.

Penasaran apa saja ketentuannya? Simak penjelasan berikut untuk tahu lebih lanjut mengenai ketentuan umum penulisan laporan penelitian!

Susun Laporan Penelitian dengan Sistematis

Ketentuan umum yang pertama adalah menyusun laporan hasil penelitian dengan sistematis. Hal ini maksudnya laporan penelitian yang kamu tulis harus tersusun sesuai dengan urutan struktur penulisan laporan penelitian yang benar.

Laporan penelitian terdiri dari 5 bab. Adapun struktur laporan penelitian yang benar di antara lain yaitu:

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Pembatasan Masalah
1.4 Rumusan Masalah
1.5 Tujuan Penelitian
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA
BAB 3 METODE PENELITIAN
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
BAB 5 KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Isi Laporan Harus Objektif dan Logis

Selanjutnya, isi dari laporan penelitian yang kamu susun harus objektif dan logis. Hasil penelitian pada laporan perlu kamu paparkan apa adanya, sesuai dengan data yang kamu dapatkan dan tidak mengalami manipulasi.

Data-data ini harus kamu kaitkan secara logis dengan kajian pustaka yang relevan. Argumentasi yang ada dalam laporan pun juga harus sesuai dengan akal sehat.

Agar kamu semakin paham mengenai poin ini, kamu bisa membaca-baca contoh laporan penelitian. 

Gunakan Bahasa yang Baku dan Efektif

Laporan penelitian adalah karya tulis ilmiah yang digunakan dalam bidang akademik. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan dalam penulisan laporan penelitian ilmiah ini adalah bahasa yang baku dan efektif. 

BACA JUGA:   Berikut Ini Yang Tidak Perlu Kamu Perhatikan Dalam Kegiatan Menulis Kritik

Gunakan bahasa Indonesia formal sesuai dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Sesuaikan juga penulisan setiap kata dan tanda baca dengan PUEBI dan EYD. Dan jangan lupa untuk menghindari penggunaan bahasa kasual dalam penulisan laporan, karena akan meninggalkan kesan yang tidak serius.

Penggunaan bahasa yang efektif ini bertujuan agar maksud dan tujuan dari penulis laporan dapat tersampaikan dengan jelas, tidak menimbulkan makna ganda (ambigu).Nah, itu dia beberapa ketentuan umum penulisan laporan penelitian yang harus kamu terapkan. Semoga, sekarang kamu tidak bingung lagi dalam menulis laporan penelitian, ya!

Terus ikuti lebih banyak info seputar penulisan bersama Tika Widya.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *