berikut yang tidak diperhatikan dalam penulisan teks laporan percobaan
Akademis

Berikut Hal yang Tidak Perlu Kamu Perhatikan dalam Penulisan Teks Laporan Percobaan

Pernahkah kamu membaca atau bahkan pernah menyusun teks laporan percobaan? Orang yang sering melakukan penelitian atau praktikum mungkin telah sangat familiar dengan teks tersebut. Namun, dalam menyusun teks laporan percobaan, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan yang tidak. Berikut yang tidak diperhatikan dalam penulisan teks laporan percobaan.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Pertama-tama, pahami pengertian teks laporan percobaan terlebih dahulu, yuk. Teks laporan percobaan adalah sebuah teks yang penjelasan mengenai bagaimana suatu laporan berjalan. Hal ini meliputi tujuan, alat dan bahan, serta hasil percobaan. 

Struktur Teks Laporan Percobaan

Selanjutnya adalah struktur teks laporan percobaan. Untuk menyusun teks hasil percobaan, kamu perlu memperhatikan strukturnya. Struktur teks laporan percobaan ini di antara lain adalah:

  • Judul
  • Tujuan
  • Alat dan bahan
  • Langkah-langkah
  • Hasil percobaan
  • Kesimpulan

Ciri Teks Laporan Percobaan

Ada beberapa hal penting yang membedakan teks laporan percobaan dengan teks lainnya. Ciri khas dari teks ini adalah adanya percobaan atau penelitian yang dijelaskan dalam teks.

Selain itu, ciri teks laporan percobaan yang sangat jelas adalah strukturnya yang sistematis, mulai dari tujuan, hingga kesimpulan. Hal ini yang memudahkan kita untuk mengidentifikasi teks laporan percobaan. kalian bisa temui contoh laporan percobaan diberbagai media online

Hal yang Tidak Perlu Kamu Perhatikan dalam Menulis Laporan Percobaan

Setelah membahas mengenai beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menulis teks laporan percobaan, yaitu struktur dan cirinya, sekarang kita akan membahas hal yang tidak perlu kamu perhatikan.

BACA JUGA:   Berikut Ini Yang Tidak Perlu Kamu Perhatikan Dalam Kegiatan Menulis Kritik

Hal-hal yang tidak perlu kamu perhatikan dalam kegiatan menulis teks laporan percobaan ini meliputi waktu dan tempat di mana kamu melakukan kegiatan percobaan atau praktikum.

Tempat dan waktu praktikum terjadi tidak akan mempengaruhi jalannya percobaan. Oleh karena itu, hal tersebut tidak perlu kamu cantumkan ke dalam teks laporan percobaan. Meskipun begitu, ada beberapa teks laporan percobaan yang mencantumkannya. Berikut yang tidak diperhatikan dalam penulisan teks laporan percobaan. Untuk menulis teks laporan percobaan, cukup fokus kepada hal-hal penting, seperti struktur, ciri, serta hasil dari percobaannya saja ya, teman-teman. Kamu bisa dapatkan info terbaru tentang penulisan di tikawidya.com

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *