5 Tips Penulisan Skripsi agar Proses Penyusunan Lebih Mudah dan Cepat
Akademis

5 Tips Penulisan Skripsi agar Proses Penyusunan Lebih Mudah dan Cepat

Skripsi adalah tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa S1. Penulisan skripsi dianggap sulit karena memiliki banyak aturan. Simak tips penulisan skripsi berikut agar proses pengerjaannya dapat lebih mudah, yuk!

1. Pahami dan Gunakan Pedoman Penulisan Skripsi yang Baik

Untuk membuat skripsi yang tersusun rapi dan berkualitas, kamu harus menggunakan pedoman penulisannya yang baik. Pedoman penulisan ini mengatur struktur, gaya bahasa, dan format skripsi.

Pada umumnya, beberapa instansi pendidikan memiliki pedoman penulisan skripsinya sendiri. Kamu bisa mengetahuinya dengan membuka kumpulan skripsi yang ada pada repository dan perpustakaan universitas.

2. Gunakan Topik yang Sudah Kamu Pahami

Dengan memilih topik penelitian yang sudah kamu pahami. Sehingga tujuan skripsi kamu dapat sesuai dengan bidang yang kamu tekuni, kamu bisa langsung mengerjakan skripsi tanpa harus mempelajari topiknya terlebih dahulu.

Hal ini tentunya akan membuat proses penyusunan skripsi menjadi lebih mudah.

3. Susun Kerangka Skripsi dengan Jelas

Setelah menentukan topik penelitian, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menyusun kerangka skripsi. Penyusunan kerangka skripsi bertujuan untuk memudahkan kamu dalam mengembangkan skripsi.

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam menyusun bagian ini yaitu kamu harus menyesuaikannya dengan sistematika penulisan skripsi, meliputi:

  • BAB 1 PENDAHULUAN
  • BAB 2 KAJIAN PUSTAKA
  • BAB 3 METODE PENELITIAN
  • BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN

4. Pilih Sumber Referensi yang Terpercaya

Dalam menyusun skripsi dan penelitian lainnya, kamu tidak boleh asal menggunakan sumber di internet. Tidak semua sumber di internet memiliki data yang benar dan terpercaya.

BACA JUGA:   Asal Usul dan 4 Pengertian Daftar Pustaka Menurut Para Ahli

Gunakanlah referensi yang telah jelas datanya seperti contoh skripsi dengan topik terkait, buku, dan jurnal-jurnal internasional.

5. Sering Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Tips yang terakhir, jangan ragu untuk konsultasi dengan dosen pembimbing. Banyak mahasiswa yang segan atau takut untuk bertanya mengenai skripsi mereka. 

Padahal, menanyakan hal yang belum kamu pahami kepada dosen pembimbing akan mengurangi proses revisi karena telah sesuai dengan penjelasannya.Dari beberapa tips penulisan skripsi di atas, kira-kira yang mana nih, yang telah kamu lakukan? Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam penulisan skripsi, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *