5 Tips Menulis Untuk Kamu yang Ingin Menjadi Penulis Puisi5 Tips Menulis Untuk Kamu yang Ingin Menjadi Penulis Puisi

Kamu ingin menjadi penulis puisi? Bagi kamu yang gemar membaca buku sastra, tentu kamu tidak asing dengan sastra puisi. Puisi tentu tidak terlepas dari unsur estetika dan permainan bunyi dari pilihan kata-kata oleh sang pengarang. 

Apakah kamu penasaran bagaimana cara menulis puisi? Ini dia tips yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi penulis puisi yang hebat!

5 Tips Menulis Puisi yang Cukup Ampuh

Sebelum kamu memulai, hal yang perlu kamu ketahui adalah jenis puisi. Puisi terbagi menjadi dua, yaitu puisi baru dan lama. Puisi baru tidak terikat pada jumlah baris, sajak, dan bait, sehingga terkesan bebas. Sedangkan puisi lama sebaliknya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui kamu akan menulis puisi jenis apa.

Untuk tips lainnya, mari simak artikel berikut ini!

1. Mencari Tema

Selanjutnya, setelah kamu mengetahui jenis puisi, kamu akan mencari tema untuk puisimu. Caranya adalah mencari inspirasi dari lingkungan sekitar, pengalaman pribadi atau seseorang. Setelah itu, kamu bisa mengeksplorasi pilihan kata yang berhubungan dengan tema puisi kamu.

2. Menggali Kreativitas

Tips selanjutnya adalah menggali kreativitas. Agar puisimu menjadi ciri khas dirimu dan beda dari yang lain, kreasikan puisimu dalam penyusunan kata dan gaya bahasa.

3. Membaca dan Mendengarkan Hasil Puisi

Untuk memperkaya idemu dalam menulis puisi, banyak-banyaklah membaca dan mendengarkan puisi. Dengan melakukan ini, kamu akan memperkaya kosakata dan mempermudah kamu dalam menciptakan puisi yang lainnya.

4. Menggunakan Gaya Bahasa

Puisi terkenal dengan gaya bahasa atau majas yang beragam. Oleh karena itu, dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik akan menambah ciri khasmu sebagai penulis puisi. 

BACA JUGA:   Fungsi Tema dalam Menulis Puisi Sebagai Pondasi

3. Menerbitkan Puisi

Tips tambahan untuk kamu yang ingin menjadi penulis puisi adalah menerbitkan puisi ke penerbit. Sayangnya, kamu harus menyiapkan modal setidaknya 500 ribu rupiah untuk menerbitkan puisi. 

Namun, jangan khawatir, kamu bisa menerbitkan karyamu melalui penerbit gratis. Tentu saja, dengan menerbitkan karya di penerbit gratis terdapat kekurangan dan kelebihan pula.

Nah, itu dia tips yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi penulis puisi yang hebat! Puisi yang sempurna tentu harus melewati proses yang panjang pula. Jangan takut untuk menulis puisi apapun hasilnya. Selamat mencoba!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *