5 Tips Menulis Cerpen bagi Penulis PemulaImage owned by Tika Widya

Cerpen atau cerita pendek menjadi hiburan yang sering banyak orang cari. Dan tidak sedikit juga orang yang ingin mulai menulisnya. Berikut ini 5 tips menulis cerpen untuk kamu yang ingin mulai menulis. Yuk, simak baik-baik!

1. Membaca Banyak Cerpen sebagai Referensi

Tips menulis cerpen yang pertama adalah perbanyaklah membaca contoh cerpen sebagai bahan referensi. Kamu bisa mencari dan membaca cerpen-cerpen yang sedang populer di internet. Atau, kamu juga bisa fokus belajar karya-karya dari salah satu cerpenis ternama seperti Hemingway atau Joyce Carol Oates. Dari situ, kamu bisa pelajari gaya bahasa, alur, dan keunikan yang membuat cerpen-cerpen tersebut menarik.

2. Mulai dengan Ide Cerpen yang Sederhana

Ketika memulai menulis cerpen, para penulis pemula menginginkan ide yang luar biasa. Ambisi tersebut memang bagus. Namun, mindset yang terlalu idealis tersebut seringkali menyulitkan penulis dalam mengembangkan dan menyelesaikan cerita.

Bagi pemula, mulailah menulis dengan ide cerpen yang sederhana. Cerpen dengan ide yang sederhana akan tetap menarik jika eksekusinya baik.

3. Menggunakan Bahasa yang Sederhana

Penggunaan bahasa yang puitis memang akan membuat cerpen buatanmu terlihat indah. Namun, daripada berkutat pada pencarian diksi-diksi yang indah hingga membuatmu stuck dalam menulis, lebih baik menggunakan bahasa sederhana. 

Selain dapat mengungkapkan dan mengekspresikan pesan dengan mudah, bahasa yang sederhana juga membuat orang lebih memahami tulisanmu.

4. Menulis Paragraf Awal yang Menarik

Ketika ingin mulai membaca, kita pasti melihat dari kalimat-kalimat awalnya. Jika kalimat awalnya saja sudah tertulis dengan apik, barulah kita yakin untuk meneruskan membaca.

BACA JUGA:   5 Pengalaman Pribadi yang Baik Untuk Dijadikan Bahan Penulisan Cerpen

Oleh karena itu, paragraf awal memiliki peran penting. Buatlah kalimat-kalimat awal yang menarik. Cara membuat cerpen yang menarik contohnya dengan menggunakan dialog, gaya bahasa, serta kalimat yang menyentuh emosi dan pikiran pembaca.

5. Memperhatikan Panjang Cerpen

Sesuai dengan ciri-ciri cerpen, cerita pendek memiliki panjang yang relatif pendek. Kebanyakan orang memilih untuk membaca cerpen sebagai hiburan dengan jangka waktu yang singkat.

Ada banyak jenis-jenis cerpen yang akhirnya memberi pengaruh pada panjang pendeknya. Namun, secara umum, cerpen seharusnya berkisar antara 500 hingga 10.000 kata.

Oleh karena itu, untuk membuat cerpen yang baik, kamu harus perhatikan panjang ceritanya. Jangan sampai struktur cerpen buatanmu terlalu panjang karena orang akan bosan.

Nah, itu dia beberapa tips menulis cerpen yang berguna bagi para pemula. Jangan lupa terapkan 5 tips di atas agar cerpenmu semakin menarik!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *