Cara Menulis Cerpen Untuk Lomba Agar MenangCara Menulis Cerpen Untuk Lomba Agar Menang

Kalau kamu punya hobi menulis cerita pendek, kenapa nggak manfaatin hobi itu untuk ikutan lomba menulis cerpen? Tapi, perlu diingat nih, ada perbedaan antara cara menulis cerpen untuk dibaca umum dengan cara menulis cerpen untuk lomba.

Cara Menulis Cerpen Untuk Lomba

Ada beberapa tips dan trik khusus yang bisa meningkatkan peluang cerpenmu untuk menonjol di lomba. Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba peruntungan di dunia lomba menulis cerita pendek, yuk simak beberapa cara menulis cerita pendek untuk lomba di bawah ini.

Siapa tahu, dengan tips ini, cerpenmu tidak hanya lolos seleksi tapi juga bisa jadi juara!

1. Memahami Ketentuan Lomba

Setiap perlombaan memiliki ketentuannya masing-masing. Untuk lomba menulis cerpen biasanya ada ketentuan khusus untuk tema, format penulisan, hingga jumlah kata. Jadi sebelum mulai menulis cerpen, pastikan kamu memahami ketentuan lomba ini dengan baik dan benar.

2. Mulai Menulis Cerpen

Jika ketentuan lomba sudah kamu pahami, mulailah menulis sebuah cerita pendek. Kamu bisa mulai dari menulis di selembar kertas, di HP, atau langsung di laptop maupun PC kamu. Namun jangan memaksakan proses menulis ini jika kamu dalam keadaan buntu.

Kamu bisa menulis kapan saja dan dimana saja saat kamu merasa sedang mendapatkan ide. Memaksaan proses menulis dapat berimbas buruk pada tulisanmu. Hal ini karena tulisan yang mengalir begitu saja akan berbeda dengan tulisan yang dipaksakan.

3. Minta Feedback dan Lakukan Revisi

Ketiga, minta feedback dari orang lain. Kamu bisa meminta orang terdekat atau orang yang ahli di bidangnya untuk membaca cerpen yang kamu tulis. Kemudian minta pendapat dari orang tersebut atas cerpen yang kamu tulis.

BACA JUGA:   6 Tema Karangan Cerita Pendek yang Menarik

Pendapat atau feedback orang bisa kamu jadikan bahan untuk revisi di akhir. Di bagian akhir ini kamu juga bisa mengecek ulang keseluruhan bagian cerpen kamu. Apakah sudah sesuai dengan ketentuan lomba atau tidak.

4. Kirimkan Cerpen Sesuai Jadwal

Terakhir, jangan lupa untuk mengirim cerpen yang sudah kamu tulis. Pastikan waktu pengiriman cerpen kamu sesuai dengan jadwal. Jangan sampai kamu melewatkan waktu pengiriman cerpen karena cerpen yang kamu tulis bisa tidak akan lolos seleksi.Cara menulis cerpen yang sudah dijelaskan di atas bisa membantu kamu mempersiapkan lomba yang akan diikuti. Kuncinya adalah percaya diri dan berlatih dengan giat. Dengan begitu kemampuan menulis cerpenmu akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *