contoh biografi penulis
Biodata

Contoh Biografi Penulis Beserta Penjelasan Singkat

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan teks biografi. Namun, pernahkah kamu melihat contoh biografi penulis? Teks berisi deskripsi serta riwayat hidup penulis ini biasanya dapat kamu temukan di bagian belakang sebuah buku. Lalu, bagaimana sih, contoh biografi penulis ini? Berikut ini penjelasan mengenai biografi penulis dan contohnya yang dapat kamu simak.

Pengertian Teks Biografi Penulis

Pertama-tama, kenalan dengan apa itu teks biografi dulu, yuk. Teks biografi adalah teks yang berisi tentang riwayat hidup seseorang. Mulai dari biodata, deskripsi diri, riwayat pendidikan dan pekerjaan, jasa-jasa, serta pengalaman-pengalaman hidup lainnya.

Melalui riwayat hidup seseorang, penulisan teks biografi ini bertujuan untuk menginspirasi banyak orang.

Nah, lalu apa yang dimaksud dengan biografi pengarang?

Biografi pengarang atau biografi penulis ini adalah teks yang menceritakan kehidupan seorang penulis. Sama seperti teks biografi pada umumnya, biografi penulis juga berisi biodata dan deskripsi diri. 

Namun, yang menjadi pembeda adalah biografi penulis lebih memfokuskan kepada riwayat karir penulis. Hal ini meliputi apa yang mendorong mereka untuk menjadi penulis, kapan mereka memulai karirnya, karya apa yang telah mereka buat, dan sebagainya.

Cara Membuat Teks Biografi Penulis

Setelah mengerti apa itu teks biografi penulis, sekarang kita pahami cara membuatnya, yuk. Bagaimana sih, cara membuat biografi penulis? 

Berikut ini dua cara membuat teks biografi penulis yang bisa kamu lakukan.

Mengumpulkan Data Diri Penulis

Sebelum menulis teks biografi, hal paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan data diri seseorang tersebut. Atau dalam case ini adalah seorang penulis.

BACA JUGA:   Cara Menulis Biodata Penulis Novel yang Baik

Seperti yang telah disebutkan, data diri ini dapat berupa biodata dan riwayat hidup seorang penulis. Hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menyusun teks biografi adalah menyesuaikan fakta yang terjadi dalam kehidupan penulis.

Menyusun Struktur Teks Biografi

Ketika data-data yang kamu perlukan telah terkumpul, kamu dapat memulai melakukan penulisan teks biografi. Kamu bisa menyusun struktur biografi seorang tokoh terlebih dahulu untuk memudahkan penulisan.

Struktur teks biografi di antara lain adalah:

  • Orientasi atau pengenalan seorang tokoh, hal ini dapat berisi biodata tokoh
  • Isi, bagian ini berisi riwayat hidup tokoh
  • Reorientasi, kesimpulan dan penutup

Pada bagian isi, kamu dapat menyertakan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan penulis. Selain itu, penjelasan seputar karir penulis juga bisa kamu letakkan pada bagian ini.

Contoh Teks Biografi Penulis

Agar kamu semakin paham, simak contoh biografi singkat dari seorang penulis di bawah ini, yuk!

Siapa sih yang tidak kenal dengan Tere Liye? Penulis berdarah Sumatera ini merupakan kelahiran 21 Mei 1979. Di usianya yang berkepala empat ini, ia telah menghasilkan banyak judul novel. Dan hampir semua karyanya berhasil dikenal oleh banyak orang.

Tere Liye tidak memiliki background menulis, lho! Ia merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dan sampai saat ini, menulis hanya ia jadikan hobi sampingannya. Pekerjaan utamanya adalah karyawan swasta di sebuah perusahaan. Wah, keren banget ya!

Penulis dengan nama asli Darwis ini telah menulis banyak genre novel. Dan bahkan, ada beberapa karyanya yang telah diadaptasi menjadi film. Contohnya adalah ‘Hafalan Shalat Delisa’.Nah, bagaimana nih, teman-teman, dari contoh biografi penulis tersebut, pastinya kamu semakin paham dengan cara membuat teks biografi bukan? Yuk, langsung coba menyusun biografi penulis favorit-mu! Kalian bisa mendapatkan info seputar penulisan yang lain di tikawidya.com

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *