Cara Menulis Biografi Penulis Novel
Biodata

Cara Menulis Biografi Penulis Novel

Biografi penulis novel menjadi hal yang tidak asing bagi kamu yang suka membaca novel. Dengan membaca biografi penulis novel kamu akan lebih mudah mengenal penulis novel yang sedang kamu baca. Kamu bisa menemukan bagian ini pada bagian belakang novel.

Mungkin, pertanyaan apa itu biografi penulis novel? Masih menjadi pertanyaan yang sering muncul bagi sebagaian orang. Nah, kamu bisa memahami makna dari biografi penulis novel dan cara penulisaanya pada penjelasan berikut.

Apa itu Biografi Penulis?

Biografi penulis adalah riwayat penulis yang berada pada halaman belakang novel. Dengan membaca bagian ini kamu bisa lebih mengenal penulis dari novel yang kamu baca. Pada bagian ini akan dijelaskan riwayat pendidikan hingga hal lain tentang penulis.

Biografi penulis menjadi catatan sekilas tentang penulis dan perkenalan awal kepada pembaca. Hal ini, bermaksud untuk mengenalkan penulis kepada pembaca yang masih baru atau awal dalam membaca karya novel tersebut.

Cara Menulis Biografi Penulis

Menulis biografi memiliki beberapa cara dan kiat penulisan agar bagian ini tidak berlebihan. Berikut adalah beberapa cara menulis biografi secara singkat.

  • Siapkan foto Terbaik

Pertama, siapkan foto terbaik untuk menulis biografi. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah untuk mengenali wajah penulis. Hal ini akan lebih memudahkan pembaca untuk mengingat penulis dan karyanya. 

  • Buat Rancangan Singkat Biodata Penulis

Kedua, buat rancangan singkat biodata penulis novel. Tujuan dari pembuat rancangan ini untuk mencegah keterangan yang berlebihan atau tidak sesuai dengan isi novel.

  • Tulis Secara Singkat

Ketiga, lakukan penulisan biodata secara singkat dan hindari penggunaan kata-kata yang bertele-bertele. Selain itu, pastikan untuk menulis biodata secara singkat dan tidak berlebihan karena akan membosankan.

  • Kaitkan Biografi dengan Novel
BACA JUGA:   5 Tips Menulis Cerpen Anti Gagal Langsung Jadi!

Keempat, tulis biografi secara menarik dan kaitkan dengan novel. Dengan begitu, terdapat korelasi yang menarik antara biografi dan novel. Hal ini juga akan membuat novel mendapatkan sisi lain cerita dari penulisnya.

Kamu bisa mulai menulis biografi ini jika memiliki karya novel. Dengan begitu, bagian ini dapat menjadi pengenalan yang menarik antara penulis dan pembaca. Kamu bisa mengikuti sejumlah cara penulis tersebut untuk lebih memudahkan. Simak terus artikel yang ada di tikawidya.com agar kamu tidak ketinggalan info soal penulisan

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *