Biodata Penulis Novel
Biodata

Cara Menulis Biodata Penulis Novel yang Baik

Karya sastra memiliki banyak jenis, salah satunya adalah novel.  Semua kalangan gemar membaca novel. Di dalam novel terdapat bagian yang cukup penting, yaitu biodata penulis novel yang biasanya berada di bagian halaman belakang.

Biodata menjadi perkenalan antara pembaca dan penulis. Bagian ini cukup menarik untuk disimak.  Manfaat bagian ini adalah mengetahui prestasi, karya dan pendidikan penulis. Kamu juga bisa mengetahui sejumlah pengalamannya di bidang lain.

Apa itu Biodata?

Biodata adalah riwayat hidup singkat tentang penulis. Biodata sangat penting untuk memberikan kesan kamu pada pembaca. Kamu bisa menemukan bagian biodata penulis di halaman belakang. Keterangan tentang penulis dan karyanya dideskripsikan secara jelas.  

Poin yang diperhatikan menulis biodata penulis novel adalah panjangnya.  Pastikan tidak menulis secara berbelit-belit. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi secukupnya tentang penulis. Riwayat pendidikan dan karya lainnya bisa ditambahkan.   

Cara Menulis Biodata Penulis Novel

Penulisan biodata penulis cukup mudah untuk dilakukan.  Kamu bisa mengikuti beberapa cara penulisan biodata berikut ini: 

  1. Tulis Secara Singkat

Tulis biodata penulis secara singkat. Buat poin-poin penting untuk isi dari sebuah biodata agar lebih singkat dan tidak terlalu bertele-tele. Tulis biodata sesingkat mungkin. 

  1. Berikan Informasi yang Relevan Dengan Novel

Kedua, berikan informasi yang relevan dengan novel. Kamu bisa mencari contoh biodata penulis novel lain untuk mendapatkan referensi. Selain itu, ceritakan latar belakang penulisan novel untuk memberikan poin yang lebih menarik.

  1. Tidak Perlu Berlebihan

Ketiga, biodata bukan ajang pamer jadi jangan berlebihan dalam menulisnya. Tulis hal-hal yang penting dan berkaitan dengan novel. Kamu bisa menambahkan beberapa karya novel sebelumnya jika ada.

  1. Buat Rancangan
BACA JUGA:   Apa itu Eksposisi? Pengertian dan Cara Penerapannya

Keempat, buat rancangan biodata terlebih dahulu. Rancangan menjadi panduan menulis biodata. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi keterangan penting. Pastikan menambahkan bagian yang relevan dengan novel. 

Menulis biodata yang menarik dapat menjadi ajang perkenalan yang berkesan dengan pembaca. Jika kamu masih baru dalam bidang penulisan novel maka bisa mengikuti beberapa langkah penulisan biodata penulis novel seperti di atas.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *