Persyaratan Menulis di Media Cetak, Penulis Wajib Tahu!

Menulis untuk media cetak membutuhkan ide dan kreativitas agar mereka mau menerima dan mempublikasikannya kepada khalayak umum. Namun, ada beberapa persyaratan penting yang kamu penuhi sebagai penulis. Berikut adalah beberapa persyaratan menulis di media cetak untuk penulis, terutama penulis pemula yang ingin terjun ke dunia tulis-menulis.

Persyaratan Menulis untuk Media Cetak

Menulis tentu saja membutuhkan keterampilan tertentu agar media cetak mau menerima dan mempublikasikan kepada khalayak umum. Namun, media cetak hanya akan menerima dan mempublikasikan tulisan yang sudah terstandarisasi baik. Ini dia persyaratan penting yang harus kamu penuhi sebagai penulis untuk media cetak:

  • Relevansi: artikel harus sesuai dengan tema dan niche media cetak yang kamu tuju.
  • Objektivitas: Sebagai penulis artikel, kamu harus mengutamakan objektivitas, yaitu tidak memihak dan mempertahankan sudut pandang secara netral.
  • Aktualitas: Artikel yang kamu tulis harus bersifat aktual, yaitu membahas isu atau informasi terbaru yang aktual.
  • Valid: Kamu harus menulis artikel berdasarkan fakta, sumber, dan referensi yang valid dan terpercaya agar menjadi nilai tambah bagi pembaca.
  • Terstruktur: Artikel harus memiliki struktur yang jelas dan mudah dipahami. Artikel harus memuat pendahuluan, bagian atau konten, dan kesimpulan.
  • Penulisan yang baik: Artikel yang kamu tulis harus menggunakan bahasa dan gramatika yang baik, jelas, dan benar agar pembaca mudah memahami isi artikel.
  • Kecakapan: Selain penulisan yang baik, kamu sebagai penulis wajib memiliki pengetahuan dan kecakapan menulis dengan kalimat efektif dan wawasan dalam bidang yang kamu angkat sebagai tema artikel.
  • Hindari artikel bersifat SARA dan hoaks: Media cetak tentu tidak akan menerima apalagi mempublikasikan artikel, jika artikel yang kamu tulis mengandung unsur SARA, kebencian, atau hoaks.
  • Tidak mengandung unsur penipuan: Selain SARA dan hoaks, media cetak tidak akan menerima artikel yang mengandung unsur penipuan.
BACA JUGA:   Bagaimana Cara Menulis Teks Prosedur?

Itu dia beberapa persyaratan menulis di media cetak yang perlu kamu ketahui sebelum menulis artikel. Menulis di media cetak dapat menjadi kesempatan besar bagi penulis untuk memperluas jangkauan, meningkatkan profil, dan kemampuan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *