Halo, Writers! Sahabat menulis favorit kamu kembali hadir lewat Webinar Menulis Gratis Mei 2023 dengan tema yang tak kalah menarik: “Genre Cerita.”

Bagi kamu yang sering tenggelam dalam lautan buku dan cerita, pasti sudah familiar dengan istilah ‘genre’, kan?

Genre adalah kategori yang membantu kita mengidentifikasi nuansa dan tema dari sebuah cerita. Namun, tahukah kamu bahwa ada lebih dari 100 genre dan subgenre di dunia fiksi?

Mari kita jelajahi lebih dalam poin-poin yang akan dibahas:

1. 100+ Genre dan Subgenre dalam Fiksi

Definisi: Genre adalah kategori atau jenis cerita berdasarkan tema, setting, plot, atau karakter-karakternya. Sementara subgenre adalah spesifikasi lebih lanjut dari genre utama.

Pembahasan: Dari fantasi hingga realisme magis, thriller hingga romansa, setiap genre memiliki ciri khas dan nuansa tersendiri. Dan di dalamnya, ada subgenre yang lebih spesifik seperti fantasi urban, romansa sejarah, atau thriller psikologis. Kita akan membuka tabir rahasia di balik setiap genre dan subgenre dalam rekaman ini.

2. Style Penulisan Genre dalam Fiksi

Definisi: Setiap genre memiliki gaya penulisan tertentu yang mencerminkan esensi dan suasana dari genre tersebut.

Pembahasan: Bagaimana cara menulis cerita detektif yang penuh teka-teki? Atau romansa yang bikin baper? Style penulisan sangat mempengaruhi bagaimana cerita diterima oleh pembaca. Saya akan memandumu mengeksplorasi gaya penulisan yang pas untuk setiap genre dan memastikan cerita tidak hanya menarik, tapi juga otentik.

3. Cara Memilih Genre dalam Penulisan Fiksi

Definisi: Memilih genre adalah langkah awal dalam proses penulisan, di mana penulis menentukan kategori dan nuansa cerita yang ingin ditulis.

BACA JUGA:   Rekaman Webinar Menulis Gratis Tika Widya Juli 2023: Content Writing 101

Pembahasan: Apakah kamu pernah bingung menentukan genre ceritamu? Atau mungkin merasa genre yang kamu pilih kurang pas? Saya akan berbagi tips dan trik dalam memilih genre yang sesuai dengan ide, inspirasi, dan tujuan ceritamu. Memilih genre yang tepat bisa membuat proses penulisan menjadi lebih lancar dan hasilnya lebih maksimal.

Kesimpulannya, genre bukan hanya sekadar label, tapi jendela yang membawa pembaca ke dunia ceritamu. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar langsung di rekaman Webinar Menulis Gratis Tika Widya Mei 2023 dan memperdalam pemahamanmu tentang genre cerita. Selamat berkarya dan sampai jumpa di webinar selanjutnya!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *