Webinar menulis - info kelas tika widya

Hai, Writers! Sahabat menulis favorit kamu kembali mengajakmu berpetualang dalam dunia sastra melalui Webinar Menulis Gratis April 2023 bertajuk “Setting Cerita”.

Bagi kamu yang sering terhanyut dalam dunia fiksi novel-novel favoritmu, pasti tahu dong betapa pentingnya setting atau latar dalam sebuah cerita.

Setting bukan sekadar latar belakang, tapi bisa menjadi karakter tersendiri yang mempengaruhi jalannya cerita.

Nah, dalam webinar kali ini, kita akan sama-sama belajar untuk menjelajahi berbagai aspek dalam membangun setting cerita, antara lain:

1. Jenis Setting Cerita

Definisi: Setting cerita adalah latar waktu dan tempat di mana suatu cerita terjadi. Ini mencakup lingkungan fisik, kondisi cuaca, budaya sosial, serta suasana emosional.

Pembahasan: Ada berbagai jenis setting dalam sastra, mulai dari yang realistis hingga fantastik. Ada setting yang berpusat pada lokasi geografis tertentu, seperti desa atau kota besar, sementara yang lain mungkin berfokus pada periode waktu tertentu, seperti era Renaissance atau masa depan yang jauh. Memahami jenis setting yang paling sesuai untuk ceritamu akan membantu memberikan kedalaman dan konteks bagi pembaca.

2. Membangun Dunia Fiksi

Definisi: World building atau membangun dunia fiksi adalah proses menciptakan dunia imajiner dengan detail yang kaya, termasuk sejarah, geografi, budaya, dan norma sosial.

Pembahasan: Proses ini penting terutama untuk genre seperti fantasi atau fiksi ilmiah, di mana dunia yang diciptakan berbeda dari realitas kita. Hal-hal seperti sistem magis, teknologi canggih, ras dan spesies, serta struktur sosial dan politik, semua harus dipertimbangkan dan didefinisikan dengan baik agar pembaca dapat terhanyut sepenuhnya dalam cerita.

BACA JUGA:   Webinar Menulis Gratis Blogging 101 dari Tika Widya Sukses Tarik Minat 136 Penulis

3. Langkah-Langkah Membuat Peta Duniamu Sendiri

Definisi: Membuat peta dunia adalah proses visualisasi geografi dari dunia fiksi yang Anda ciptakan, termasuk lokasi kota, pegunungan, sungai, dan elemen geografis lainnya.

Pembahasan: Membuat peta bukan hanya penting untuk penulis fantasi. Peta dapat membantu penulis memvisualisasikan pergerakan karakter, jarak antar lokasi, dan interaksi antar budaya. Selain itu, peta juga membantu pembaca untuk memahami skala dan hubungan antar lokasi dalam cerita. Langkah-langkahnya meliputi penentuan skala, pemetaan fitur geografis utama, penentuan iklim dan ekosistem, hingga penciptaan kota dan pemukiman.

4. Kesalahan Umum dalam World Building

Definisi: Kesalahan dalam world building adalah inkonsistensi atau ketidaklogisan dalam penciptaan dunia fiksi yang dapat mengganggu kredibilitas cerita di mata pembaca.

Pembahasan: Beberapa kesalahan umum meliputi kurangnya kedalaman sejarah, kontradiksi dalam norma sosial atau aturan dunia, serta ketidaksesuaian teknologi atau sumber daya. Untuk menghindari hal ini, penulis perlu melakukan riset mendalam, membuat catatan rinci, dan selalu memeriksa konsistensi detail dunia yang telah dibuat.

Webinar ini sangat direkomendasikan untuk para penulis, baik yang baru memulai maupun yang sudah berpengalaman, yang ingin memperdalam teknik membangun dunia fiksi yang otentik dan mengesankan.

Jangan biarkan imajinasimu terbatas, mari kita mengembangkannya bersama!

So, tonton dulu rekaman Webinar Menulis Gratis Tika Widya April 2023! Karena, seperti kata para penulis, “Dunia yang kita ciptakan dalam tulisan adalah cerminan dari dunia dalam hati kita.” Selamat berkarya dan sampai jumpa di webinar berikutnya!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *