jasa penulisan buku
Jasa Penulisan

Tips Memilih Jasa Penulisan Buku Yang Tepat

Saat ini, profesi penulis kreatif penyedia jasa penulisan semakin marak kita temukan. Mulai dari edit jurnal, proofreading, hingga jasa penulisan buku.

Sehingga, untuk membuat buku, seseorang tidak harus pandai menulis, cukup menyewa Penyedia layanan jasa penulisan. Namun, sebelum bekerja sama dengan penyedia jasa, ada beberapa hal yang perlu kami perhatikan terlebih dahulu. Berikut ini tips memilih jasa penulisan buku yang tepat!

Meminta dan Mengecek Portofolio Jasa Penulisan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menyewa jasa penulisan adalah meminta dan mengecek portofolionya. Melalui portofolio, kamu bisa mengetahui hasil pekerjaan yang telah mereka selesaikan dan pengalaman-pengalaman yang mereka miliki.

Selain itu, kamu juga bisa menilai apakah hasil karya tulisannya sesuai dengan apa yang kamu mau dalam buku buatanmu atau tidak. Contohnya seperti gaya bahasa, cara penulisan, dan sebagainya.

Mengkoordinasikan Keinginan Kamu

Tips yang kedua yang tidak kalah penting adalah melakukan koordinasi dengan jasa penulisan buku mengenai keinginan kamu. Hal ini penting untuk kamu lakukan untuk menghindari kesalahpahaman dalam proses penulisan.

Contohnya seperti kamu dapat memberitahu jasa penulisan bahwa kamu ingin ditulis dalam bahasa Indonesia formal dengan tebal sekitar 400 halaman. Setelah itu, jika pihak jasa penulisan menyanggupinya, maka kamu bisa masuk ke proses selanjutnya, yaitu perjanjian kerjasama.

Membuat Perjanjian atau Kontrak Kerja Sama yang Jelas

Tips yang terakhir adalah membuat sebuah perjanjian atau kontrak kerja sama yang jelas. Kontrak ini mengatur hal-hal penting mengenai proses penulisan buku. Seperti tenggat waktu, sanksi apabila melanggar tenggat waktu, serta biaya jasa.

BACA JUGA:   Jasa Penulisan Artikel SEO: Meningkatkan Visibilitas dan Pengunjung Situs Anda

Biaya penulisan ini bergantung kepada jenis buku yang akan kamu buat. Biaya penulisan buku biografi akan berbeda dengan buku fiksi, dan buku-buku lainnya. Hal-hal penting seperti ini harus kamu pastikan di awal agar tidak menimbulkan konflik nantinya.

Setelah semua hal sudah sesuai dan sepakat antara kamu dan pihak penyedia jasa, kamu bisa menandatangani kontrak kerja sama dan proses penulisan pun dapat dimulai.

Demikian 3 tips penting yang perlu kamu terapkan dalam memilih jasa penulisan buku yang tepat. Jadi, jangan sampai salah memilih jasa penulisan, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *