Tips Penulisan Algoritma Pseudocode
Tips

5 Tips Penulisan Algoritma Pseudocode

Penulisan algoritma pseudocode adalah tahap awal yang harus kamu lakukan dalam proses coding. Algoritma pseudocode mungkin terdengar asing dan rumit bagi orang awam. Namun, dengan tips penulisan algoritma berikut, pseudocode tidak sesulit yang kamu bayangkan. 

Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Apa itu Pseudocode?

Sebelum masuk ke tips penulisannya, tahukah kamu apa itu pseudocode?

Pseudocode merupakan sistem penulisan algoritma dengan menggunakan bahasa yang dapat orang awam pahami secara mudah. Penulisan pseudocode ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam mengetahui dan menyelesaikan permasalahan yang muncul pada algoritma.

Struktur penulisan algoritma pseudocode memiliki 3 bagian, yaitu judul, deskripsi, dan implementasi program.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana penulisan algoritma, berikut ini contoh algoritma pseudocode yang perlu kamu simak.

PROGRAM Menghitung_Luas_Persegi_Panjang
begin
numeric panjang,lebar,luas
//display “panjang persegi panjang :”//
accept panjang
//display “lebar persegi panjang :”//
accept lebar
luas+panjang*lebar
//display “luas persegi panjang : “ luas//
end

Tips Penulisan Algoritma Pseudocode

Agar program dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari berbagai masalah nantinya, penulisan algoritma pseudocode harus kamu tulis dengan benar. Berikut ini tips penulisan algortima yang dapat kamu terapkan.

1. Tulis dengan Bahasa yang Sederhana

Pseudocode adalah algoritma yang ditujukan untuk orang awam. Oleh karena itu, penulisannya harus menggunakan bahasa yang sederhana agar orang awam dapat memahami dengan mudah.

2. Gunakan Struktur yang Jelas dan Terkontrol

Struktur algoritma yang kurang jelas akan membingungkanmu dalam mengembangkan program.

BACA JUGA:   Penulisan Surat yang Benar dan Tepat

3. Tulis Satu Pernyataan Sederhana per Baris

Buat algoritma yang berisi satu pernyataan atau tindakan jelas dengan kalimat sederhana di tiap barisnya. Hal ini akan memudahkan komputer untuk membaca perintah.

4. Gunakan Teks Editor

Untuk penulisan pseudocode tersusun rapi dan tersusun, kamu bisa gunakan teks editor yang ada pada Microsoft Word.

5. Tulis Algoritma dengan Notasi Standar Pemrograman

Pseudocode memang tidak memiliki standar penulisan. Namun, tulislah dengan notasi algoritma standar yang ada pada pemrograman untuk memudahkan programmer lainnya dalam memahami algoritma kamu.

Nah, itu dia penjelasan dan beberapa tips penulisan algoritma yang dapat membantu kamu dalam proses pemrograman. Tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut?

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *