menuliskan informasi berbentuk tabel
Tips

Tips Menuliskan Informasi Berbentuk Tabel, Pelajar Wajib Tahu!

Dalam dunia jurnalistik, kamu pasti tidak asing dalam menuliskan informasi berbentuk tabel. Tabel tersebut memuat informasi 5W + 1H yang disajikan dalam baris dan kolom secara sistematis. 

Tabel memiliki 4 fungsi secara umum, yaitu memberikan informasi yang lugas dan padat, menjelaskan fakta, memudahkan pembaca dalam mencerna informasi, dan menjadi alat komunikasi. 

Apa Itu Tabel KW?

Dengan menggunakan tabel, kamu dapat meringkas topik menjadi informasi yang singkat dan padat. Caranya adalah dengan membuat tabel KW (Know-What Do You Want to Know) yang berisi informasi yang kamu ketahui dan yang ingin kamu ketahui dari sebuah sumber. 

Langkah-langkah Menuliskan Informasi dari Teks dalam Bentuk Tabel

Tabel KW berisi 2 kolom, yaitu kolom yang digunakan untuk mengisi hal yang kamu ketahui dan kolom yang dapat kamu isi setelah kamu menggali informasi dari sumber lain.

  1. Melakukan Brainstorming Topik yang Kamu Ketahui

Hal yang utama dalam membuat tabel adalah melakukan brainstorming informasi yang kamu ketahui. Selanjutnya, kamu dapat mengisi tabel pada kolom pertama, yaitu informasi yang kamu ketahui terhadap topik tersebut.

  1. Membaca Informasi yang Ingin Kamu Ketahui

Selanjutnya, kamu bisa membaca informasi tentang topik tersebut yang ingin kamu ketahui lebih lanjut. Setelah kamu simpulkan informasinya, kamu bisa mengisi kolom kedua, yaitu kolom informasi yang ingin kamu ketahui selanjutnya.

  1. Mencatat Informasi Tersebut dengan Singkat

Agar informasi yang sudah kamu kaji selalu melekat di dalam kepala, kamu perlu mencatat informasi dalam tabel tersebut dengan singkat, karena ini juga merupakan fungsi tabel, yaitu memuat informasi yang lugas dan padat.

  1. Menyimpulkan Informasi yang Sudah Kamu Kumpulkan
BACA JUGA:   Penulisan Alamat Dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Tahap terakhir dalam menuliskan informasi dalam bentuk tabel adalah membuat kesimpulan. Kamu dapat membuat kesimpulan dari keseluruhan informasi yang kamu dapat dalam beberapa kalimat saja.Akhirnya, tabel informasi kamu sudah lengkap. Inilah cara menuliskan informasi berbentuk tabel dari sebuah sumber agar memudahkanmu dalam membaca! Tabel informasi ini sangat berguna untuk teknik belajar menghapal. Selamat mencoba!

Terus ikuti tips seputar penulisan bersama Tika Widya, hanya di tikawidya.com

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *