tips menulis kreatif
Tips

4 Tips Menulis Kreatif Praktis dan Mudah

Tahukah kamu, apa itu menulis kreatif? Dan apa sih, bedanya dengan penulisan biasa, sehingga kita perlu mengetahui beberapa tips menulis kreatif ini?

Penulisan kreatif adalah teknik menulis cerita yang terlepas dari batasan literatur profesional, seperti tulisan akademik dan jurnalistik. Pada penulisan kreatif ini kamu lebih fokus dalam pengembangan imajinasi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam penulisan kreatif. Simak dengan baik, ya!

Baca juga : Creative Writing: Pengertian, Jenis, dan 5 Elemen Penting

1. Melakukan Riset Menulis Kreatif

Tips pertama yang perlu kamu lakukan dalam melakukan penulisan kreatif adalah melakukan riset. Riset tulisan bisa kamu lakukan dengan membaca contoh karya tulis kreatif.

Dengan membaca banyak referensi karya tulis kreatif, kamu menjadi memiliki banyak wawasan mengenai bagaimana karya yang bagus. 

Selain membaca, kamu juga bisa membuat ringkasan serta kerangka cerita dari referensi karya untuk memahami lebih lanjut mengenai contoh menulis kreatif.

2. Menentukan Tema yang Unik

Tips yang kedua, yaitu menentukan tema yang unik pada penulisan kreatif. Dalam menulis karya tulis kreatif, kamu ditantang untuk membuat cerita yang fresh dan antimainstream. Yaitu cerita yang sebelumnya belum pernah ada.

Untuk itu, mencari tema yang unik adalah hal yang wajib kamu terapkan. Kamu bisa mencari inspirasi tema baik dari referensi tulisan maupun dari kehidupan sehari-hari.

Setelah menentukan tema yang unik, tips selanjutnya adalah dengan membangun imajinasimu ke dalam cerita.

3. Menggunakan Gaya Bahasa

Tips selanjutnya adalah menggunakan gaya bahasa atau majas. Penggunaan majas akan membuat tulisan kamu lebih hidup dan unik.

BACA JUGA:   Cara Menulis Buku Tabungan Pribadi di Buku Tulis dan HP

Majas yang bisa kamu gunakan dalam penulisan kreatif di antaranya yaitu majas metafora (perumpamaan), personifikasi, hiperbola, simile, dan sebagainya.

4. Melibatkan Unsur Panca Indera

Dan tips terakhir yang bisa kamu gunakan dalam penulisan kreatif adalah dengan melibatkan unsur panca indera pada cerita. Penghadiran unsur panca indera ini kamu bisa memberikan gambaran suasana dengan mendalam.

Dengan begitu, para pembaca akan merasa terlibat dan berada langsung pada cerita.Nah, itu dia beberapa tips menulis kreatif yang dapat kamu terapkan ke dalam penulisan cerita. Semoga tips tersebut bermanfaat, ya. Selamat menulis!


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *