tips menghadapi kritik
Tips

Tips Menanggulangi Kritik ala Penulis Profesional

Sedari dulu, selain minat pembaca, salah satu hal yang sangat menakutkan bagi seorang penulis adalah kritik. Ya, banyak penulis pemula yang memikirkan bagaimana karya yang mereka publikasikan akan mendapat kritik dari para pembacanya. Sebenarnya, seberapa mengerikan sih kritik ini? Dan bagaimana cara menanggulangi kritik?

Kritik adalah kecaman atau tanggapan yang berisikan baik atau buruknya suatu karya, pendapat, dan hal lain yang dapat dikaji. Kritik dapat diberikan oleh siapapun, tetapi biasanya kritik yang berasal dari kritikus dianggap sebagai kritik yang valid.

Nyatanya, kritik bukanlah hal yang menyeramkan. Jika kamu dapat menanggulangi kritik dengan baik, maka nantinya hal tersebut dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan tulisan yang kamu kerjakan. Oleh karena itu, daripada kamu memikirkan kritik sebagai hal yang akan menyakitimu, berikut kami berikan beberapa cara untuk menerima kritik ala penulis profesional!

Cara Menanggulangi Kritik Ala Penulis Profesional

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tika Widya (@tikawidya.writer)

Berikut ini beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kritik.

Jangan Merasa Tersinggung

menanggulangi kritik

Yup! Salah satu sikap yang tepat saat menerima kritik adalah dengan tidak merasa tersinggung. Ingatlah, hal yang mendapatkan kritikan adalah karya yang kamu buat. Artinya, apa yang kamu kerjakan telah mendapat perhatian dan penilaian secara baik-baik, sehingga orang yang memberikan kritik menemukan beberapa hal yang dapat kamu perbaiki. Dengan demikian, seiring berjalannya waktu, tulisanmu akan menjadi lebih baik.

BACA JUGA:   Cara Menulis Partitur Not Angka di Microsoft Word Tanpa Aplikasi

Selain itu, hal ini merupakan salah satu langkah yang baik untukmu jika ingin menjadi penulis yang profesional.

Jadikan Kritik Sebagai Motivasi

menanggulangi kritik

Selain menerima kritik, penting juga untukmu mulai memperhatikan kritik yang kamu dapatkan, sekaligus memperbaiki hal yang dikritik. Jangan jadikan kritik sebagai alasan untuk kamu memandang rendah karyamu. Tetapi, jadikan kritik sebagai nilai tambah untuk karyamu, yakni motivasi untuk memperbaiki karyamu menjadi lebih baik.

Jadi, jangan taruh kritikmu di atas meja, ya? Mulailah menerimanya secara perlahan dan memperbaiki hal yang mendapat ulasan. Sehingga, kritik yang mereka berikan tidak akan sia-sia dan tulisan yang kamu ciptakan ke depannya akan mendapatkan penilaian yang lebih baik.

Jangan Dendam Terhadap Kritik Yang Kamu Terima

menanggulangi kritik

Dalam hal apapun, menyimpan dendam bukanlah hal yang baik. Sama halnya dengan menyimpan dendam terhadap kritik yang kamu dapatkan ataupun kepada pihak yang memberikan kritik. Selain akan membuat pikiranmu menjadi kacau, menyimpan dendam tidak akan menanggulangi kritik maupun mengubah karyamu menjadi lebih baik. 

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu dapat berterima kasih kepada pihak yang mengulas karyamu. Tetap fokus terhadap goals yang kamu miliki dan jadikan kritik sebagai ujian untuk menjadikan tulisanmu semakin berkualitas.

Jangan Ragu Untuk Meminta Bantuan Saat Menanggulangi Kritik

menghadapi kritik

Cara untuk menanggulangi kritik ala penulis profesional yang terakhir adalah dengan meminta bantuan. Jika kritik yang kamu dapatkan membuatmu tidak percaya diri dengan apa yang kamu kerjakan, maka kamu dapat meminta bantuan rekanmu untuk bersama-sama memperbaiki karyamu. Dengan demikian, kamu tidak akan sendiri dalam menghadapi kritik yang dilontarkan kepada karyamu.

Bahkan, kamu juga dapat membicarakan perihal ulasan yang kritikus berikan terhadap karyamu. Ini juga sangat penting untuk memahami bagaimana orang-orang memandang karya yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu akan memiliki banyak sudut pandang untuk membenahi karyamu. Semakin banyak kritik dan saran yang kamu dapatkan, maka semakin baik pula karyamu di masa depan.

BACA JUGA:   Apa Kegunaan Penulisan Riwayat Pekerjaan dalam Daftar Riwayat Hidup?

Demikianlah tips ala penulis profesional dalam hal menanggulangi kritik yang dapat kamu terapkan. Tetaplah optimis dan jangan mudah menyerah karena kritik yang telah kamu terima. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *