Tips

Tips Memilih Kursus Menulis Artikel Online

Guna meningkatkan kapasitas diri, ada baiknya kamu mengikuti kursus-kursus yang bisa meningkatkan keterampilan. Salah satu keahlian penting yang banyak dibutuhkan saat ini adalah kemampuan menulis artikel. Berikut ini adalah tips mencari kursus menulis artikel online yang bisa kamu buat sebagai acuan.

1. Mempertimbangkan reputasi penyelenggara kursus

kursus menulis artikel online

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mendaftar kelas menulis artikel adalah mencari lembaga yang bereputasi baik. Bisa kamu lihat dari testimoni peserta sebelumnya, baik itu di website, blog atau youtube. Testimoni adalah salah satu alat ukur terbaik untuk menilai kecakapan lembaga kursusnya.

2. Memiliki layanan yang fast response

Kamu bisa menilai poin ini dari respon admin platform pelatihan tersebut. Lihat bagaimana pengetahuan product knowledge admin dan kecepatan menjawab pertanyaan.  Demikian juga, layanan yang lambat bisa menghambat proses pembelajaran.

3. Kemudahan mengaksesĀ 

kursus menulis artikel online

Akses dalam hal ini adalah website atau aplikasi kursusnya apakah sering error atau tidak. Selanjutnya, bagaimana proses pendaftarannya, rumit atau tidak, dll. Jika kamu kesulitan mengakses patform kursus tersebut, baiknya memilih lembaga lain. 

4. Menyediakan mentor yang berpengalaman

Mungkin kita masih mengalami kesulitan untuk memahami pembelajaran, terutama jika materi hanya diberikan lewat pdf atau video saja. Keberadaan mentor sangatlah penting untuk memperlancar proses pembelajaran. Tentu saja, sang mentor haruslah orang yang paham akan sistem penulisan artikel dan telah memiliki portofolio yang bagus.

5. Memiliki sistem dan materi pembelajaran yang baik

kelas menulis artikel

Pastikan materi yang akan kamu dapatkan adalah memang yang sedang kamu butuhkan. Tanyakan kepada admin atau cari lembaga kursus yang mencantumkan daftar materi yang akan peserta peroleh. Selain itu, sistem pembelajaran juga mempengaruhi daya serap ilmu yang akan kamu dapat. 

BACA JUGA:   Bagaimana Cara Mengembangkan Ide Pokok dalam Menulis Paragraf?

Ada lembaga pelatihan yang menyediakan kelas zoom atau google meet yang interaktif namun ada juga yang hanya mengirimkan video. Bahkan ada yang hanya bisa melakukan konsultasi via chat saja. Tetapi tidak semua pembelajar bisa adaptif akan hal ini.

6. Biaya yang setimpal

Banyak sekali platform atau lembaga kursus yang menyediakan kelas online menulis untuk pemula. Biaya kelas menulis online ini bermacam-macam. Jika memungkinkan, pilih lembaga pelatihan yang memberikan layanan bagus dengan harga terjangkau.

Namun harga yang sedikit lebih mahal juga tidak masalah asalkan harganya setimpal dengan kualitasnya. Yang perlu dicatat, pastikan bahwa uang yang kamu keluarkan, waktu yang kamu sisihkan setimpal dengan ilmu yang kamu dapatkan.  

Kesimpulan

Ikuti tips-tips di atas agar dapat memperoleh manfaat yang optimal dari kursus menulis artikel online. Dengan kursus yang tepat, kamu akan bisa mengupgrade diri dan bisa mengikuti perkembangan dunia industri. Selain itu, karir kamu bisa meningkat dan memiliki value bagi perusahaan.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *