lomba menulis
Tips

Lomba Menulis, berikut Tips yang Wajib Kamu Ketahui

Pernahkan kamu mengikuti lomba menulis? Saat mengikuti lomba menulis, kamu pasti akan mengirimkan karya terbaikmu untuk dapat memenangkannya, bukan?

Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mengembangkan karyamu, sehingga dapat menjadikan tulisanmu lebih baik. Yuk, simak baik-baik.

Memperhatikan Syarat dan Ketentuan Lomba

Hal penting pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari syarat dan ketentuan lomba yang kamu ikuti. Agar dapat masuk ke dalam nominasi pemenang lomba, karya kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. 

Syarat dan ketentuan dari lomba menulis ini berbeda sesuai dengan jenis kepenulisan. Contohnya, syarat lomba menulis cerpen pasti akan berbeda dengan syarat lomba menulis artikel dan blog. Begitu pula dengan syarat lomba menulis puisi, yang pastinya juga akan berbeda dengan syarat lomba menulis karya tulis ilmiah.

Syarat dan ketentuan ini termasuk juga format penulisan, yaitu berupa ukuran dan jenis font, ukuran kertas, margin kertas, serta ukuran spasi. Selain itu, lomba juga biasanya memiliki tema yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan tema yang sesuai dengan lomba tersebut.

Kamu juga harus memperhatikan tanggal-tanggal penting yang ada pada syarat dan ketentuan lomba. Mulai dari tanggal pendaftaran, pengumpulan karya, hingga pengumuman pemenang. Jangan sampai kamu melewatkan tanggal-tanggal tersebut ya!

Mengembangkan Tema

Selain itu, hal penting lainnya yang perlu kamu lakukan adalah mengembangkan tema secara kreatif dan inovatif. Tema yang kreatif ini akan menjadi nilai plus dalam penjurian. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan sudut pandang yang berbeda untuk dapat mengembangkannya agar tidak monoton.

BACA JUGA:   Cara Menulis Aksara Jawa di HP Android

Membaca Referensi

Selanjutnya, dalam proses pembuatan karya lomba, kamu dapat memperbanyak membaca bahan referensi. Karya yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi yaitu karya dengan tema yang serupa.

Jika lomba yang kamu ikuti adalah lomba rutin yang telah berlangsung secara berkala, kamu dapat membaca karya pemenang sebelumnya untuk menambah referensi.

Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Untuk dapat mengikuti lomba, karya yang kamu lombakan harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, yaitu yang sesuai dengan Ejaan Yang telah Disempurnakan (EYD). Hal tersebut meliputi tata bahasa, kesesuaian tanda baca, penggunaan kata baku, dan sebagainya.

Menentukan Judul dan Paragraf Pertama yang Menarik

Setelah itu, hal yang tidak kalah penting dalam penulisan karya lomba adalah penentuan judul dan paragraf awal yang menarik. Judul dan paragraf awal yang menarik bertujuan untuk memikat juri saat membaca karya buatanmu.Nah, itulah beberapa tips untuk menang lomba menulis. Jangan lupa untuk terapkan pada penulisan karya buatanmu, ya. Kamu dapat terus memperoleh berbagai tips menulis di tikawidya.com Good luck!


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *