5 Tips dan Latihan Menulis Bahasa Inggris
Tips

5 Tips dan Latihan Menulis Bahasa Inggris

Saat ini, bahasa Inggris adalah bahasa yang penting untuk kamu kuasai. Selain reading, kemampuan writing dalam bahasa Inggris juga menjadi hal utama yang berguna dalam bidang kerja profesional. Berikut ini tips dan latihan menulis bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan!

1. Perbanyak Membaca Bacaan Bahasa Inggris

Tips yang pertama adalah memperbanyak baca bacaan dalam bahasa Inggris. Untuk dapat menulis dengan baik, kamu harus memiliki perbendaharaan kata yang banyak. Membaca banyak bacaan dalam bahasa Inggris dapat memperkaya kosakata bahasa Inggris-mu. 

Cari topik bacaan yang sesuai dengan minat kamu agar proses membaca pun jadi lebih menyenangkan. Ketika membaca pertama kali, bacalah bacaan tersebut sampai habis, walaupun ada beberapa kata yang kamu tidak pahami. Tandai dulu kata-kata tersebut, lalu cari artinya setelah kamu selesai membaca. Baru pada kali kedua membaca, kamu bisa memahami semua teksnya secara utuh.

2. Stop Procrastinating!

Ada banyak orang yang tidak bisa memulai menulis karena merasa belum siap dan menunggu mood untuk menulis. Jika kamu terus-terusan menunggu mood datang, kamu tidak akan melakukannya sampai kapan pun. Kamu hanya ber-procrastinating.

Jadi, cobalah memulai menulis. Beranikan diri kamu untuk mengambil pulpen dan kertas, dan mulai latihan writing bahasa Inggris. Tulislah satu dua kata, dan biarkan semuanya mengalir.

3. Jangan Takut Salah

Merasa takut salah juga merupakan “penyakit” yang harus kamu hilangkan untuk latihan writing bahasa Inggris. Jangan takut untuk melakukan kesalahan tata bahasa ataupun kesalahan penulisan kata dalam bahasa Inggris.

BACA JUGA:   Contoh Kesalahan dan Perbaikan Penulisan Alamat Surat

Kesalahan justru merupakan poin pentingnya writing dalam bahasa inggris. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui letak kesalahan yang kamu buat dan bagaimana perbaikannya.

4. List Materi Writing Bahasa Inggris

Selanjutnya, kamu bisa menyiapkan list materi writing bahasa Inggris. Materi ini bisa merupakan topik sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya seperti perjalanan ke tempat wisata, sarapan yang kamu makan, kegiatan keseharian kamu, dan sebagainya.

5. Tulis Diary dalam Bahasa Inggris

Last but not least, tips yang tidak kalah penting dan bisa kamu coba adalah menulis diary dalam bahasa Inggris. Tips ini adalah tips yang paling efektif untuk mengasah kemampuan writing dalam bahasa Inggris.

Setiap malam hari, tulislah bagaimana hari kamu berjalan pada sebuah notebook khusus latihan writing bahasa Inggris. Kamu juga bisa menulis bahasa Inggris dan artinya agar lebih lengkap.

Itu dia beberapa tips dan latihan menulis bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan. Agar kemampuan writing-mu meningkat dengan signifikan, jangan lupa untuk lakukan secara konsisten, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *