pilihan kata yang digunakan di awal menulis suatu kesimpulan
Tips

Pilihan Kata Yang Digunakan di Awal Menulis Suatu Kesimpulan

Apakah kamu ingin membuat suatu kesimpulan tapi masih bingung bagaimana cara mengawalinya? Tenang saja, berikut rekomendasi tikawidya.com untuk beberapa pilihan kata yang digunakan di awal menulis suatu kesimpulan!

Kesimpulan adalah pernyataan ringkas dari suatu pembahasan, bacaan, analisis, maupun pembicaraan. Di dalam kesimpulan, terdapat bagian penting dari materi yang dibahas sebelumnya secara singkat, padat, dan jelas. Oleh karena itu, salah satu ciri-ciri kesimpulan adalah memuat inti dari pembahasan secara lugas.

Untuk membuat kesimpulan, biasanya menggunakan beberapa konjungsi untuk kesimpulan. Lalu, bagaimana cara membuat suatu kesimpulan dan memilih konjungsi awalannya? Berikut informasinya untuk kamu!

Cara Membuat Kesimpulan

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat suatu kesimpulan.

  1. Isi kesimpulan harus sederhana, singkat, padat dan jelas.
  2. Pesan dari seluruh pembahasan harus tersampaikan. Oleh karena itu, kamu harus membaca atau menyimak seluruh pembahasan dengan baik.
  3. Berisikan intisari dari pembahasan.
  4. Isinya berawal dari bahasan khusus ke bahasan umum.
  5. Isi dapat berupa hubungan sebab-akibat.
  6. Penyusunan dari kata kunci yang ada di dalam penjelasan dan ide pokok.

Jika kamu telah memahami cara membuat kesimpulan sekaligus model dari kesimpulan, maka selanjutnya kamu dapat memilih kata yang dapat kamu gunakan di awal kesimpulan.

Kata Awal Untuk Kesimpulan

Berikut adalah beberapa kata yang dapat kamu gunakan di awal kesimpulan.

Oleh Karena Itu

“Oleh karena itu” merupakan salah satu konjungsi kausalitas yang dapat kamu gunakan untuk mengawali suatu kesimpulan. Berikut adalah contoh penggunaannya.

“Oleh karena itu, masyarakat di Indonesia harus sadar dengan penggunaan tas plastik yang berbahaya. Karena, tas plastik akan susah terurai dengan tanah.”

BACA JUGA:   Cara Menulis Note di Shopee untuk Mengatasi Kesalahan Pengiriman Produk

Dengan Demikian

Konjungsi kausalitas untuk simpulan yang kedua adalah “Dengan demikian”. Untuk penggunaannya, hampir sama dengan konjungsi sebelumnya. Berikut contohnya.

“Dengan demikian, negara kita akan menjadi negara yang lebih baik lagi di masa mendatang. Karena, pemerintah sudah meningkatkan kualitas dan fasilitas pendidikan di Indonesia.”

Oleh Sebab Itu

Kata berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengawali suatu kesimpulan adalah “oleh sebab itu”. Berbeda dengan dua konjungsi sebelumnya, konjungsi yang satu ini termasuk ke dalam konjungsi kausal akibat. Berikut adalah contoh penggunaannya.

“Sampah plastik di Indonesia sudah menggunung. Oleh sebab itu, kita harus menghentikan penggunaan tas plastik.”Itulah beberapa rekomendasi terbaik kami untuk pilihan kata yang digunakan di awal menulis suatu kesimpulan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *