Panduan Penulisan Alamat yang Benar dan Contohnya
Panduan Penulisan Alamat yang Benar dan Contohnya

Alamat adalah hal penting yang diperlukan dalam urusan sehari-hari. Mulai dari mengisi data pribadi, mengirim surat dan paket, hingga melengkapi dokumen-dokumen penting. Oleh karena itu, semua orang sudah wajib mengetahui ketentuan penulisan alamat yang benar dan lengkap.

Nah, supaya kamu tidak bingung lagi dalam mengisi alamat, berikut ini beberapa urutan penulisan alamat yang benar sesuai KBBI.

Nama Jalan

Unsur pertama yang ada dalam penulisan alamat adalah nama jalan. Penulisan alamat jalan yang benar adalah dengan menggunakan huruf kapital pada tiap katanya. Untuk nama jalan, kamu dapat menyingkatnya menjadi “Jl.”

Contohnya yaitu:

  • Jalan Pegangsaan Timur
  • Jl. Cempaka Indah II

Nomor Rumah

Selanjutnya, nama jalan diikuti dengan nomor rumah. Sama seperti nama jalan, untuk penulisan nomor rumah, kamu dapat melakukan penyingkatan kata. Setelah nomor rumah, gunakanlah tanda koma (,) sebagai pemisah dengan unsur alamat lainnya. Contohnya seperti:

  • Jalan Pegangsaan Timur Nomor 14,
  • Jl. Cempaka Indah II No. 24,

Keterangan RT dan RW

Kemudian, keterangan RT dan RW juga perlu kamu cantumkan dalam penulisan alamat. Penulisan RT dan RW yang benar yaitu menggunakan huruf kapital dan tanpa diikuti oleh tanda baca apapun. Lalu, untuk memisahkan RT dan RW kamu dapat menggunakan garis miring (/). Contohnya yaitu seperti berikut.

  • Jalan Pegangsaan Timur Nomor 14, RT 04 RW 05
  • Jl. Cempaka Indah II No. 24, RT 04/RW 05

Nama Kelurahan/Desa, Kecamatan, dan Kota/Kabupaten

Setelah itu, alamat yang lengkap juga harus disertai dengan nama kelurahan/desa, kecamatan, dan kota/kabupaten. Adapun penulisan kelurahan/desa, kecamatan, dan kota/kabupaten yang benar yaitu:

  • Jalan Pegangsaan Timur Nomor 14, RT 04 RW 05 Kel. Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jl. Cempaka Indah II No. 24, RT 04/RW 05 Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat

Kode Pos

Dan unsur terakhir yang harus ada dalam penulisan alamat lengkap adalah kode pos. Kamu dapat menulis kode pos setelah penulisan kota/kabupaten. Contohnya yaitu:

  • Jalan Pegangsaan Timur Nomor 14, RT 04 RW 05 Kel. Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 10450
  • Jl. Cempaka Indah II No. 24, RT 04/RW 05 Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, 16450

Nah, itu dia beberapa ketentuan penulisan alamat yang benar. Kamu juga bisa membaca lebih lanjut soal panduan penulisan lainnya di Kitab EYD edisi V. Klik link ini buat beli bukunya!

Buku ini tidak hanya membahas soal penulisan alamat saja tetapi juga beragam format tulisan lain yang mungkin kamu butuhkan saat berkorespondensi. Kamu bisa beli bukunya dengan diskon lebih banyak pakai link di bawah ini!

Selain beberapa hal di atas, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesesuaian penulisan alamat dengan EYD V, ya!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *