membaca dan menulis merupakan kunci
Tips

Membaca dan Menulis Merupakan Kunci dari Kesuksesan

Sudah sejak lama, kata-kata tentang membaca dan menulis merupakan kunci kesuksesan sering terdengar di telinga kita. Akan tetapi, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Dan seberapa pentingkah membaca dan menulis itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Salah satu kewajiban utama seorang siswa adalah belajar. Yangmana, hal ini dapat kamu lakukan dengan membaca dan menulis. Tanpa kita sadari, dua kegiatan sederhana yang kita lakukan tersebut adalah modal utama untuk mencapai kesuksesan.

Membaca adalah kegiatan melihat isi tulisan dalam upaya untuk memaknai isinya. Sedangkan, menulis adalah kegiatan menciptakan atau membuat sebuah catatan maupun kata-kata yang memiliki maksud dan tujuan, baik bermakna maupun tidak.

Dengan melakukan dua kegiatan di atas dengan baik dan benar, maka kita dapat meningkatkan kualitas diri dan pengetahuan. Penasaran dengan alasannya? Yuk simak di sini!

Mengapa Membaca dan Menulis Itu Penting?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa membaca dan menulis itu penting untuk kamu lakukan setiap hari.

Membaca Dapat Menambah Wawasanmu

Pertama, dengan membaca, kamu dapat menambah wawasan. Baik dari hal kecil maupun hal besar, semuanya dapat kamu peroleh dari membaca. Kamu tidak harus membaca hal-hal yang menyulitkan seperti jurnal atau literasi klasik. Bahkan, dengan membaca komik favoritmu pun kamu sudah mendapat pengetahuan.

Salah satu cara agar rajin membaca adalah memulainya dengan bacaan yang ringan dan mudah kamu mengerti. Barulah kamu dapat lanjut untuk membaca bacaan yang memerlukan waktu luang untuk memahami isinya. Dengan demikian, kamu akan menjadikan membaca sebagai salah satu kebiasaan yang tidak dapat kamu lepaskan dalam kegiatan sehari-harimu.

BACA JUGA:   Apa Kegunaan Penulisan Riwayat Pekerjaan dalam Daftar Riwayat Hidup?

Menulis Dapat Meningkatkan Ingatan

Selanjutnya, menulis penting untuk kamu lakukan karena menulis dapat membantumu dalam meningkatkan ingatan.

Manusia cenderung melupakan hal yang mereka dengar atau baca dengan sangat mudah. Akan tetapi, jika mereka menuliskannya sebagai sebuah catatan, maka hal tersebut akan mudah diingat.

Oleh karena itu, jika kamu ingin melatih ingatanmu, kamu dapat menuliskan hal-hal yang kamu baca atau pelajari sebelumnya. Cukup membuat rangkuman atau kesimpulan kecil saja.

Kesimpulan

Membaca dan menulis adalah satu kesatuan yang tidak dapat kamu pisahkan begitu saja. Untuk memperoleh sebuah informasi, kamu harus rajin membaca. Sedangkan, untuk mengingat dan memahami lebih dalam tentang informasi tersebut, kamu harus menuliskannya menjadi sebuah catatan.

Dengan demikian, kamu akan memiliki wawasan yang luas dan berguna untukmu di masa depan dalam meraih cita-cita.

Wah, ternyata membaca dan menulis merupakan kunci kesuksesan itu benar adanya, ya?

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *