kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup

Ingin Lamar Kerja? Atau sedang melamar pekerjaan? Tentu saja hal yang kamu perlukan pertama kali adalah membuat CV. Apa Kegunaan CV atau Riwayat Pekerjaan dalam Daftar Riwayat Hidup? Namun, apakah isi CV kamu sudah sesuai dengan standar penulisan yang benar? Jika belum, mari simak artikel terkait kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup berikut ini.

Sebelum kamu memulai, alangkah baiknya jika kamu mengetahui isi dan bagian-bagian yang harus kamu cantumkan dalam CV sebelum kamu melamar pekerjaan.

Apa Saja Isi CV?

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae. CV merupakan identitas seseorang yang terdiri dari beberapa bagian yang bersifat formal. Fungsi CV adalah untuk memperkenalkan diri kamu kepada perusahaan, serta mengetahui spesialisasi dan keterampilan.

Sedangkan tujuan CV adalah untuk menunjukkan kualitas diri kamu sebagai pelamar, dan merupakan potret riwayat pekerjaan kamu untuk mengevaluasi kesesuaian kamu sebagai pelamar di suatu perusahaan.

Daftar riwayat pekerjaan merupakan poin penting yang harus ada pada CV kamu. Apakah kamu sudah menulis riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup? Mari simak artikel berikut ini.

Kegunaan Penulisan Riwayat Pekerjaan dalam Daftar Riwayat Hidup

Dalam melamar sebuah pekerjaan, riwayat pekerjaan merupakan poin dalam proses seleksi dari perusahaan karena berdasarkan daftar riwayat pekerjaan kamu, pihak rekruter akan mudah mengajukan pertanyaan seputar spesialisasi dan keterampilan dari pengalaman kerja kamu sebelumnya. 

Dalam tahap seleksi administrasi, pihak rekruter dapat memilah dan memasukkan lamaran kamu sebagai calon kandidat. Dengan persyaratan yang tepat, maka rekruter akan kembali menghubungi kamu dan mengikutsertakan kamu dalam tahap seleksi berikutnya. 

Selain itu, kegunaan penulisan riwayat pekerjaan juga dapat memberikan pihak rekruter kesempatan dalam bertanya terkait alasan kamu memilih pekerjaan tersebut serta menilai tingkat konsistensi dan ketidakkonsisten kamu dalam memilih pekerjaan. Hal ini juga akan mempengaruhi apakah kamu akan terpilih atau sebaliknya.Itu dia kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup yang harus kamu cantumkan dalam CV sebelum kamu melamar pekerjaan ke suatu perusahaan agar proses lamaran kamu lancar.

BACA JUGA:   Cara Membuat Surat Keterangan Salah Penulisan Ijazah

Yuk, ikuti terus info dan tips penting dari penulis lepas Tika Widya

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *