penulisan surat yang benar
Tips

Penulisan Surat yang Benar dan Tepat

Surat merupakan media tertulis untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi. Nah, agar pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik, surat memiliki format penulisan khusus yang harus kamu terapkan. Lalu, bagaimana sih, cara penulisan surat yang benar? 

Surat resmi adalah surat yang menggunakan bahasa formal dan ketentuan-ketentuan format yang baku. Berikut ini cara dan contoh penulisan surat resmi yang wajib kamu tahu.

Penulisan Kepala Surat

Hal pertama yang harus ada dalam surat adalah kepala surat atau kop surat. Pada kepala surat, terdapat informasi mengenai instansi pengirim surat. Informasi ini berupa nama, alamat, nomor telepon, serta logo instansi.

Penulisan Tempat dan Tanggal Surat

Yang kedua adalah tempat dan tanggal surat. Tempat dan tanggal surat harus kamu letakkan di bawah kanan kop surat. Adapun penulisan tempat dan tanggal surat yang benar yaitu sebagai berikut.

Jakarta, 5 Juli 2022

Artikel terkait : Penulisan Tanggal Surat yang Tepat

Penulisan nomor, lampiran, dan perihal surat

Selanjutnya, pada penulisan surat yang benar kamu juga perlu menuliskan nomor, lampiran, serta perihal surat. Nomor surat berisi kode instansi serta tanggal pembuatan surat. Perihal surat menunjukkan inti surat secara singkat.

Sedangkan lampiran surat adalah jumlah dokumen yang kamu kirim bersamaan dengan surat. Jika tidak ada dokumen terlampir, kamu tidak perlu menuliskan lampiran atau bisa juga kamu tuliskan tanda strip (-).

BACA JUGA:   Cara Menulis Partitur Not Angka di Microsoft Word Tanpa Aplikasi

Contoh penulisan nomor, lampiran, serta perihal surat yang tepat adalah sebagai berikut.

Contoh 1

Nomor: 15/PG/SMA 5/VII/2022

Lampiran: –

Perihal: Undangan

Contoh 2

Nomor: 24/PG/SMK 3/V/2020

Lampiran: 2 lembar

Perihal: Permohonan Izin

Penulisan Alamat Surat

Alamat surat juga merupakan bagian terpenting pada surat. Oleh karena itu, penulisan bagian ini harus kamu lakukan dengan tepat. 

Pada penulisan alamat surat, kamu tidak perlu menggunakan kata “Kepada” di depan “Yth.” 

Selain itu, penggunaan kata sapaan juga dapat kamu lakukan di depan nama penerima surat jika tidak mencantumkan gelar.

Berikut ini contoh penulisan kepada yth yang benar.

Yth. Bapak Winanto Adi

Kepala Biro SDM Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia

Jalan Taman Pejambon No.6, Senen, Jakarta Pusat

Penulisan Salam Pembuka Pada Surat

Kemudian, dalam membuat surat formal, kamu harus menggunakan salam pembuka. Pada umumnya, salam pembukaan pada surat formal dapat menggunakan kata “Dengan Hormat”. Salam pembuka harus diikuti tanda koma (,).

Menuliskan Isi Surat

Isi surat mencakup tujuan utama surat. Penulisan isi surat yang baik yaitu dengan menggunakan kalimat yang singkat dan padat agar tidak membingungkan pembaca surat.

Menggunakan Salam Penutup

Setelah itu, akhiri surat dengan salam penutup. Salam penutup dapat kamu sesuaikan dengan salam pembuka. 

Jika kamu menggunakan “Dengan Hormat,” sebagai salam pembuka, maka gunakanlah salam penutup “Hormat Saya,”. Sama seperti salam pembuka, jangan lupa untuk menggunakan tanda koma (,) di akhir salam penutup.

Mencantumkan Tanda Tangan dan Nama Jelas Pengirim

Surat formal harus memiliki tanda tangan serta nama jelas pengirim. Pada suatu instansi resmi, bagian ini juga dapat ditambahkan cap stempel dan NIP.

Tembusan

Yang terakhir adalah Tembusan. Tembusan merupakan bagian yang menunjukkan pihak lain yang juga menerima surat selain penerima.Itu dia beberapa panduan penulisan surat yang benar. Dalam menulis surat, jangan lupa untuk tetap menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan EYD, ya!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *