Etika Penulisan Nama Tamu Undangan Pernikahan
Tips

Etika Penulisan Nama Tamu Undangan Pernikahan

Hal yang utama, momen penting bagi pasangan adalah sebuah pernikahan yang dihadiri oleh teman-teman dekat dan kerabat. Undangan pernikahan merupakan pesan penting yang berisi pengumuman hari bahagia tersebut. Etika penulisan nama tamu undangan merupakan hal penting yang juga harus kamu perhatikan.

Pentingnya penulisan nama undangan yang tepat

Mengapa menuliskan nama dengan tepat pada undangan pernikahan merupakan hal penting? Karena kamu mengharapkan kehadiran mereka, maka kamu bisa menghargai mereka dengan menuliskan nama pada amplop undangan dengan benar.

Tamu undangan akan merasa senang jika kamu menuliskan nama mereka dengan tepat. Sebaliknya, mereka akan kecewa jika kamu salah menuliskannya sebab mereka mungkin beranggapan bahwa kalian tidak sedekat itu untuk mengetahui nama lengkap masing-masing.

Etika mengundang tamu

Berikut ini adalah beberapa aturan dasar dalam menuliskan nama tamu pada undangan pernikahan:

Teman dan kenalan

Jika kamu menggunaan sapaan dengan panggilan dalam bahasa Inggris, gunakan “Mrs.” jika sudah menikah dan “Miss” jika belum. Sedangkan “Mr.” untuk semua tamu undangan laki-laki. Demikan juga kamu bisa menggunakan panggilan yang jelas seperti Tuan, Nyonya, Bapak, Ibu, Saudara/i.

Tamu undangan yang sudah berumur

Begitu pula bagi tamu undangan yang sudah berumur, mereka akan merasa dihormati jika kamu menuliskan nama lengkap beserta gelarnya. Tetapi jika kamu tidak tahu, kamu bisa menuliskan “Bapak” atau “Ibu” sebelum nama mereka.

Atasan di tempat kerja

Jika berencana mengundang bos, penulisan nama juga harus kamu perhatikan. Penulisan nama undangan untuk atasan sama seperti sebelumnya, kamu bisa menggunakan nama lengkap dengan gelar.

BACA JUGA:   6 Health Benefits of Adding Fermented Foods to Your Diet

Tamu beserta keluarga

Cantumkan “dan keluarga” apabila yang kamu undang satu keluarga beserta anak-anaknya. Namun, beri undangan tersendiri bagi tamu yang sudah berumur lebih dari 18 tahun. 

Tamu undangan beserta pasangan

Bagaimana jika kamu ingin mengundang temanmu beserta pasangannya? Kamu bisa menuliskan “nama temanmu & partner”. Hal itu berarti bahwa undangannya kamu tujukan untuk dia beserta partner undangan.

Kesimpulan

Demikian etika penulisan nama tamu undangan pernikahan. Hal yang terpenting, sebaiknya kamu hindari menuliskan nama panggilan pada undangan pernikahan. Selalu ikuti panduan di atas agar kamu tidak salah dalam menuliskan nama pada undangan pernikahanmu.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

4 Comments on “Etika Penulisan Nama Tamu Undangan Pernikahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *