Engagement Rate: Pengertian, Cara Meningkatkan dan Cara Cek ER

Kalau kamu sedang berjuang membangun personal branding di media sosial, maka kamu pasti sudah pernah dengan soal Engagement Rate. Nah, apa itu? Yuk, kita ulas lebih dalam!

Apa Itu Engagement Rate?

Engagement Rate adalah sebuah metrik dalam media sosial yang menunjukkan seberapa interaktif audiens kamu dengan konten yang kamu bagikan. Ini adalah tolak ukur yang super penting karena menunjukkan seberapa relevan dan menarik kontenmu bagi pengikutmu.

Engagement rate ini dihitung dari jumlah interaksi yang didapat sebuah konten, dibandingkan dengan jumlah followers atau jangkauan yang kamu punya. Interaksi ini bisa berupa “likes”, komentar, shares, dan bentuk-bentuk interaksi lainnya. 

Jadi, kalau kamu melihat kontenmu banyak yang like atau komentar, itu tandanya engagement rate-mu bagus. Ini penting, loh, karena dengan engagement yang tinggi, kontenmu bisa lebih sering muncul di feed orang banyak.

Kenapa Engagement Rate itu Penting?

Nah, kenapa sih ini penting banget buat kamu para influencer? Pertama, dengan engagement rate yang tinggi, kamu bisa menunjukkan kepada brand atau calon sponsor bahwa kontenmu itu efektif dan banyak disukai orang. Ini bisa jadi nilai plus buat kamu di mata mereka.

Engagement rate juga penting karena ini bisa membantu kamu mengukur seberapa efektif strategi konten yang kamu jalankan. Misalnya, kalau engagement rate kamu mulai menurun, mungkin ini waktunya untuk evaluasi. Mungkin saja kamu perlu mengubah gaya konten, cara berinteraksi, atau bahkan waktu posting. 

BACA JUGA:   7 Essential Voluntourism Tips, Transform Your Trips into Impact

Di samping itu, engagement rate yang baik menunjukkan bahwa kamu punya hubungan yang lebih baik dengan audiens. Ini membantu membangun kredibilitas kamu sebagai influencer, dan tentu saja, membuka peluang-peluang baru dalam karir kamu di dunia digital.

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Rate?

  • Kenali Audiensmu – Pahami apa yang mereka suka, kapan mereka aktif di media sosial, dan topik apa yang paling menarik bagi mereka.
  • Konten yang Autentik dan Menarik – Buat konten yang tidak hanya menarik secara visual, tapi juga memberi nilai tambah bagi pengikutmu.
  • Interaksi yang Rutin – Jangan lupa untuk balas komentar dan interaksi dari pengikutmu. Ini bukan hanya soal etika, tapi juga cara ampuh untuk meningkatkan engagement.

Berapa Engagement Rate yang Bagus?

ER yang ideal itu sebenarnya bisa bervariasi, tergantung dari banyak faktor, seperti platform yang kamu gunakan, jenis industri kamu, bahkan jumlah pengikut yang kamu punya. 

Tapi, ada beberapa angka yang sering dijadikan patokan umum, nih:

Instagram

Di Instagram, ER yang dianggap bagus itu berada di kisaran 1% hingga 3.5%. Kalau engagement rate kamu lebih dari 3.5%, itu sudah dianggap tinggi, loh. Dan jika mencapai atau melebihi 6%, wow, itu dianggap sangat tinggi! Artinya, kontenmu sangat relevan dan menarik bagi audiensmu.

Facebook, Twitter, LinkedIn, dan TikTok

Menurut data dari Hootsuite, rata-rata ER untuk berbagai industri di platform-platform ini berkisar antara 0.32% hingga 2.55%. Jadi, kalau kamu berada di rentang ini, kamu sudah on track.

Nah, meski angka-angka ini bisa jadi panduan, kamu harus ingat bahwa setiap situasi itu unik. 

Misalnya, influencer dengan pengikut yang lebih sedikit sering kali punya engagement rate yang lebih tinggi. Kenapa? Karena mereka biasanya punya hubungan yang lebih intim dan personal dengan audiens mereka, yang berarti interaksi bisa jadi lebih sering dan lebih berarti.

BACA JUGA:   9 Cara Bikin Event yang Sukses

Faktor lain yang bisa mempengaruhi engagement rate antara lain:

  • Jenis Konten – Apakah kontenmu sesuai dengan apa yang disukai audiensmu? Konten visual seperti video dan foto biasanya mendapat respons yang lebih baik.
  • Waktu Posting – Mengenal kapan audiensmu paling aktif bisa meningkatkan peluang kontenmu untuk dilihat dan diinteraksi.
  • Demografi Audiens – Karakteristik seperti usia, lokasi, dan minat audiensmu sangat mempengaruhi bagaimana mereka berinteraksi dengan kontenmu.

Cara Cek Engagement Rate Instagram dan TikTok Gratis 

Sekarang kita akan membahas gimana cara cek Engagement Rate (ER) di Instagram dan TikTok secara gratis. Kamu bisa melakukan ini untuk melihat seberapa efektif interaksi di profil media sosialmu. 

Cara Cek ER di Instagram

Untuk mengecek cek ER IG secara gratis, kamu bisa menggunakan sebuah website yang bernama KOL.ID. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka browser kamu dan kunjungi https://kol.id/instagram.
  • Di halaman tersebut, kamu akan menemukan kolom untuk memasukkan nama profil Instagram kamu. Masukkan username Instagram kamu tanpa ‘@’.
  • Setelah itu, tekan enter atau klik tombol yang disediakan untuk melihat engagement rate dari profil kamu.

Website ini akan memberikan analisis tentang berapa persen engagement rate yang kamu miliki berdasarkan interaksi terkini di profil kamu. Ini termasuk likes, comments, dan shares dari post-post terbaru kamu.

Cara Cek ER di TikTok

Untuk TikTok, prosesnya mirip dengan yang di Instagram, tetapi menggunakan link yang sedikit berbeda. Kamu juga bisa menggunakan KOL.ID untuk cek ER TikTok. Ikuti langkah-langkah ini:

  • Pertama, buka https://kol.id/tiktok di browser kamu.
  • Sama seperti di Instagram, masukkan username TikTok kamu di kolom yang tersedia. Pastikan kamu memasukkan username yang benar.
  • Klik enter atau tombol cek untuk mendapatkan informasi tentang engagement rate profil TikTok kamu.
BACA JUGA:   3 Cara Meningkatkan Engagement Rate di Media Sosial

Mengapa Perlu Cek ER?

Mengecek engagement rate secara berkala itu penting karena:

  • Kamu bisa melihat mana konten yang relevan dan mana yang perlu ditingkatkan.
  • Mengetahui jenis konten apa yang lebih disukai oleh audiens.
  • Berdasarkan data engagement, kamu bisa mengoptimalkan waktu posting, jenis konten, dan strategi interaksi.

Jadi, itu dia cara mudah untuk mengecek engagement rate di Instagram dan TikTok secara gratis. Tools seperti ini sangat membantu, terutama untuk kamu para influencer yang ingin terus meningkatkan kualitas interaksi dengan audiens. Selamat mencoba dan semoga berhasil meningkatkan engagementmu!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *