contoh penulisan amplop lamaran kerja guru

Apakah amplop lamaran kerja harus ditulis? Iya! Tujuannya adalah agar lamaranmu bisa tersampaikan kepada orang atau lembaga. Berikut ini, saya akan membahas mengenai contoh penulisan amplop lamaran kerja guru honorer.

Pentingnya Menuliskan Alamat dengan benar

Perlunya menuliskan alamat pada amplop lamaran adalah agar memudahkan si penerima surat. Oleh karena belum tentu yang menerima amplopmu adalah orang yang kamu maksud. 

Bisa jadi saat kamu atau kurir mengantarkan berkas lamaran kerja ke sekolah, Kepala Sekolahnya tidak ada di tempat. Barangkali hanya ada security atau guru piket. Lebih daripada itu, tujuan lainnya adalah agar berkas lamaran yang kamu buat terlihat lebih profesional dan resmi.

Ketentuan amplop yang bisa kamu gunakan

Sebetulnya tidak ada ketentuan pasti mengenai jenis amplop dan warna amplop yang bisa kamu gunakan. Tetapi, pada umumnya jenis amplop yang orang-orang pakai untuk melamar kerja adalah BHG amplop coklat tali.

Cara Penulisan pada Amplop

Mungkin kamu masih bingung bagaimana cara menulis alamat di amplop coklat lamaran kerja yang benar. Berikut ini adalah cara menuliskan alamat pada amplop lamaran kerja guru honorer:

Bagian depan

Pada pojok bawah bagian kanan, tuliskan siapa yang kamu tuju. Jika kamu melamar sebagai guru honorer, maka tujuanmu adalah Kepala Sekolah. Cantumkan nama jika kamu mengetahui nama lengkap dan gelarnya. 

Namun jika tidak, maka tuliskan saja posisi kepala sekolah lengkap dengan alamat instansinya. Sedangkan pada pojok atas bagian kiri, tuliskan juga posisi jabatan yang ingin kamu lamar. 

BACA JUGA:   Apa Bahasa Inggrisnya Menulis dan Istilah-Istilah Lain?

Bagian belakang

Selanjutnya, pada bagian belakang amplop lamaran, tuliskan nama lengkap beserta gelar dan alamat lengkapmu. Jangan lupa juga menuliskan nomor handphone yang bisa dihubungi. 

Barangkali kurir tidak bisa menemukan alamat tujuanmu, maka mereka bisa segera menghubungimu. Pentingnya menuliskan nomor telepon adalah agar lembaga tujuanmu juga bisa menemukan kontakmu dengan cepat. 

Jika ingin terlihat rapi, gunakan stiker atau kertas putih untuk menulis alamat dan posisi yang ingin kamu lamar. Kamu juga bisa mengetik daripada menulis tangan agar tulisan tampak lebih seragam dan mudah terbaca.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai contoh penulisan amplop lamaran kerja guru honorer. Tentu saja, pastikan amplop yang kamu gunakan tidak kotor atau terlipat. Hal yang terpenting, pastikan juga kamu telah menutup rapat amplopnya agar berkasnya tidak hilang dan terbaca oleh orang lain.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *