Cara dan Contoh Menulis Impian yang Realistis dan Dapat Dicapai
Cara dan Contoh Menulis Impian yang Realistis dan Dapat Dicapai

Kamu memiliki banyak impian tinggi yang terlihat sulit untuk dicapai? Jangan pesimis dulu! Tulislah impian-impian tersebut dengan mengikuti contoh menulis impian agar terlihat realistis dan dapat dicapai! Hal ini juga biasa disebut terapi jurnal, menuliskan secara sederhana tentang impian.

Pentingnya Menulis Impian

Kenapa kamu harus menulis impian? Menulis impian mungkin terdengar sepele bagi banyak orang. Namun, tahukah kamu kalau hal ini berpengaruh besar terhadap pikiran kita?

Menurut riset di Yale University, mahasiswa yang mengetahui dan menuliskan mimpinya dengan jelas memiliki kekayaan yang jauh lebih besar daripada mahasiswa yang tidak menuliskan mimpinya, atau bahan tidak memiliki mimpi.

Impian yang terkesan seperti angan-angan belaka bisa kamu capai jika melakukan cara yang jelas untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh. Contoh impian ini yaitu ketika kamu ingin membeli sebuah handphone baru. 

Jika kamu hanya berandai-andai saja, sampai kapanpun handphone tersebut tidak dapat kamu beli. Tapi, ketika kamu fokus dengan impian tersebut, kamu bisa menemukan cara yang baik untuk mewujudkannya. Seperti menabung dan bekerja.

Oleh karena itu, sejak usia-usia muda, kamu harus mengetahui apa impian yang ingin kamu capai dan bagaimana cara mewujudkannya.

Cara Menulis Impian dengan Detail

Untuk membuat impianmu terlihat jelas dan realistis, kamu bisa menuliskannya secara detail. Langkah-langkah menulis impian yang benar yaitu sebagai berikut.

1. Tulis Impian sebagai Judul

Menulis impian sebagai judul dengan tulisan yang besar dan jelas dapat memotivasi kamu untuk mewujudkannya. Kamu bisa menghias judul impian ini agar lebih menarik.

BACA JUGA:   4 Cara Penulisan Footnote Dari Internet Yang Tepat

Contohnya: Beli Handphone Baru

2. Jelaskan Motivasi dari Impian

Yang kedua, jelaskan apa motivasi kamu untuk mencapai impian ini. 

Contohnya: Beli handphone baru agar pekerjaan jadi lebih mudah, storage tidak full lagi, dan bisa foto-foto produk jualan dengan kualitas yang lebih bagus.

3. Buat Daftar Cara Mencapai Impian

Kemudian, buat daftar cara-cara apa yang perlu kamu lakukan untuk mewujudkan impian tersebut. Jabarkan list ini dengan detail dan jelas.

Contohnya:

Cari kerja paruh waktu

  • Cafe Sahabat – Fee: 8k/jam
  • 4 hari kerja – 6 jam -> Rp192.000/minggu

Menabung dari uang jajan

  • Uang jajan: Rp350.000/minggu
  • Untuk kebutuhan: Rp200.000 – Rp250.000
  • Nabung: Rp100.000 – Rp150.000

4. Buat Target yang Jelas

Dan yang terakhir, buat target jelas yang dapat kamu capai dari impian tersebut.

Contohnya:

Target Bulan ini – Harus terkumpul Rp1.500.000

Harga handphone baru – Rp.5.999.999

Jadi, butuh waktu 4 bulan untuk bisa membeli handphone baru.Nah, itu dia cara dan contoh menulis impian yang jelas dan detail. Tulisan impian kamu tersebut bisa kamu buat semenarik mungkin dan kamu pajang di meja belajar untuk memotivasi kamu.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *