6 Cara Menulis Nama Dengan Huruf Korea Online

Budaya korea memang berkembang pesat di Indonesia. Seiring dengan tren drama  korea dan K-pop, banyak masyarakat mulai tertarik mempelajari hal-hal berkaitan dengan negeri ginseng tersebut,  termasuk bahasanya. Sebagian masyarakat juga tertarik untuk belajar menulis nama dalam bahasa Korea. Nah, ini dia cara mudah menulis nama dengan huruf Korea online. 

Belajar huruf Korea pada dasarnya cukup mudah, karena hanya perlu memadu padankan saja. Namun, ada beberapa aturan umum yang perlu Kamu pahami, seperti :

  • Dalam satu kata tulisan nama Korea harus mengandung satu huruf konsonan dan satu huruf vokal
  • Huruf R dan H yang terletak di akhir suku kata tidak perlu dibaca
  • Pelafalan huruf f diganti p
  • Mengganti ucapan huruf v dengan b
  • Huruf z diucapkan j

Menuliskan Nama Dalam Huruf Korea

Hal yang paling penting dalam penulisan nama menggunakan huruf korea adalah masalah pelafalannya. Misalnya nama Kamu adalah Zafira, maka sesuai dengan aturan di atas, pelafalan namamu menjadi japira. 

Berikut panduan menulis nama Korea Kamu:

1. Pisahkan Berdasar Suku Kata 

Setelah mengetahui cara membaca, maka langkah selanjutnya adalah memisahkan sesuai suku katanya. Contoh “ ja-pi-ra”

2. Mengubah Huruf Latin ke Huruf Korea

Pelajari huruf hangul a-z terlebih dahulu, agar nanti jauh lebih mudah menuliskan nama Kamu dalam huruf Korea. 

3. Ubah Huruf Vokal

Dalam huruf hangul, y dan w termasuk dalam jenis huruf vokal. Namun ada beberapa huruf yang berawalan y dan w tidak mempunyai padanan. Dengan begitu, Kamu harus menuliskannya menjadi dua suku kata atau menggantinya dengan huruf vokal lainnya. 

BACA JUGA:   Ingin Menggunakan Jasa Digital Agency? Ikuti 5 Tips ini Agar Tidak Salah Pilih

4. Mengubah Huruf Konsonan pada Awal dan Akhir Suku Kata

Konsonan dalam suku kata Korea dapat berada di bagian awal, akhir maupun keduanya. Perlu Kamu ketahui bahwa konsonan yang terletak di awal dan akhir suku kata mempunyai bunyi berbeda sekalipun hurufnya sama. 

5. Konsonan Ieung (o)

Nama dalam bahasa Indonesia ada yang terdiri dari dua huruf vokal, misalnya nama Ayu. Akan tetapi tidak demikian dengan nama Korea. Lazimnya, nama Korea terdiri dari satu huruf konsonan dan satu vokal. 

Lantas bagaimana menuliskan nama Ayu dalam huruf Korea? Nah, inilah yang disebut dengan konsonan ieung (o). Jadi, menulis nama Ayu pun menjadi oa-yu.

6. Menggabungkan Huruf-Huruf Menjadi Suku Kata

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan huruf tersebut menjadi satu kata yang utuh. 

Kesimpulan

Bagi pemula mungkin kebingungan dengan trik di atas. Tenang, saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan Kamu untuk menulis nama dengan huruf Korea online. Kamu bisa mengunduh di Play Store atau mengunjungi situs Lexilogos.com. Bagaimana cara menggabungkan huruf korea di keyboard? Kamu bisa memenggalnya nama menjadi suku kata terlebih dahulu. Semoga bermanfaat, ya.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *