Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah secara Otomatis di Word 2007
Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah secara Otomatis di Word 2007

Banyak orang ingin mempelajari cara menuliskan mata uang rupiah secara otomatis di Word 2007. Hal ini memudahkan para akuntan, bendahara, penghitung pajak, dan pekerja lainnya yang berkutat dengan nominal uang.

Dengan penulisan mata uang secara otomatis, pekerjaan dapat lebih mudah selesai karena tidak perlu menulisnya satu per satu.

Meskipun terbilang cukup lawas, Microsoft Word versi 2007 juga sudah bisa melakukan fitur penulisan mata uang otomatis. Bagaimana cara membuat Rp di Word 2007?

Langkah-langkahnya hampir sama seperti cara membuat rupiah di Word 2016. Berikut ini beberapa langkah mudah untuk mengaktifkan fitur ini.

1. Buat Tabel dan Isi dengan Nominal Uang

Langkah yang pertama dalam cara membuat format mata uang di Word adalah membuat tabel dan isi nominal uang saja, tanpa simbol mata uang Rp. Contohnya seperti: 10.000, 250.000, dan sebagainya.

Jumlah baris, kolom, keterangan tabel, dan sebagainya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

2. Pilih Symbol pada Menu Insert

Setelah menyelesaikan data pada tabel tersebut, pilih tombol insert yang ada pada ribbon tab. Ribbon tab adalah sekumpulan fungsi yang bisa kamu gunakan pada Microsoft Word.

Pilih menu Symbol yang ditandai dengan gambar ohm (Ω). Menu ini berada pada ujung tab insert, di samping menu equation.

3. Pilih Menu Currency Symbols

Ketika kamu meng-klik menu Symbol, akan muncul banyak pilihan symbol dengan berbagai jenis fungsi. Untuk memudahkan kamu mencari simbol Rupiah, kamu bisa memfilternya dengan memilih subset “Currency Symbols”. 

BACA JUGA:   3 Alasan Pentingnya Kesehatan Mata untuk Penulis

Kemudian, akan muncul berbagai simbol mata uang yang ada di dunia dan temukan simbol Rupiah Rp. Simbol ini telah memiliki penulisan rupiah yang benar, yaitu Rp.

4. Copy dan Paste Simbol Rupiah (Rp)

Kamu bisa langsung mengklik simbol Rupiah (Rp) untuk meng-copy atau menyalinnya. Selanjutnya, kamu bisa langsung mem-paste atau menempelnya di depan nominal-nominal angka yang telah kamu tulis pada tabel tadi.Nah, itu dia cara menuliskan mata uang rupiah secara otomatis di Word 2007 yang dapat memudahkan pekerjaan kamu. Mulai sekarang, jangan menulis simbol Rupiah ini secara manual lagi, ya!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *