Cara Menulis Inisial Nama dan Contohnya
Tips

Cara Menulis Inisial Nama dan Contohnya

Kamu penasaran bagaimana cara menulis inisial nama? Inisial nama ini dapat kita temukan di mana-mana. Mulai dari nama samaran pada berita, liontin kalung, dekorasi pertunangan, hingga undangan pernikahan.

Untuk kamu yang masih bingung cara menulis inisial nama, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan pahami dengan baik. 

Apa itu Inisial?

Sebelum belajar cara menulis inisial, sebaiknya kamu memahami apa arti inisial itu sendiri. Apa itu inisial?

Menurut KBBI, inisial berarti huruf pertama dari kata atau nama orang. Penggunaan inisial ini dilakukan sebagai salah satu cara menulis singkatan nama orang.

Kamu bisa menemukan inisial nama orang pada laman berita. Biasanya, inisial berfungsi untuk menyamarkan nama-nama orang yang terlibat dalam sebuah kasus. Selain itu, inisial juga bisa kamu temukan sebagai tulisan nama penulis karya yang tidak ingin namanya tersebar.

Selanjutnya, pada acara pernikahan, kita dapat menemukan inisial nama kedua pengantin di sekitarnya. Contohnya seperti di undangan, souvenir, dan dekorasi.

Bagaimana Cara Menulis Inisial Nama Orang?

Menulis singkatan nama orang menggunakan inisial pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil huruf depan setiap unsur nama orang.

Kamu bisa menggunakan satu ataupun dua unsur yang ada pada nama orang. Inisial nama ini sedikit berbeda dengan singkatan nama biasa. Jadi, perlu kamu ketahui bahwa inisial nama tidak perlu menggunakan tanda titik.

Contoh inisial nama yaitu seperti berikut.

  • Kiara Pramesti (KP)
  • Subianto (S)
  • Heru Wijayanto (HW)

Lalu, bagaimana cara menyingkat nama 3 kata atau lebih dengan menggunakan inisial? Caranya sama seperti penulisan inisial nama satu dan dua kata. Kamu hanya perlu mengambil huruf depan dari setiap kata pada nama. Berikut ini contoh singkatan nama 3 kata:

  • Sri Kinanti Ayu (SKA)
  • Maria Renatta Nasution (MRN)
  • Rudianto Bagas Pratama (RBP)
BACA JUGA:   Senior Pet Care 101: Keeping Your Aging Companion Happy and Healthy

Apa Maksud Inisial dalam Pembuatan Surat?

Selain di surat kabar, kamu juga bisa menemukan inisial nama dalam sebuah surat. Lebih daripada itu, tujuan penulisan inisial pada surat adalah supaya pembaca dapat mengetahui siapa yang menuliskan surat tersebut. 

Dari sini, kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa ada berbagai macam tujuan pembuatan inisial nama. Tidak hanya untuk menyembunyikan nama korban kejahatan saja. Kamu juga bisa menuliskan namamu dalam sebuah surat untuk memberi kode bagi penerimanya. 

Nah, itu dia penjelasan serta cara menulis inisial nama yang perlu kamu ketahui. Ternyata, caranya cukup mudah, bukan? Sekarang, kamu pastinya tidak bingung lagi dalam menulis inisial nama.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *