cara menulis di amplop lamaran kerja
Tips

Cara Menulis di Amplop Lamaran Kerja yang Tepat

Bagi kamu yang ingin melamar kerja, penting sekali untuk memahami cara penulisan alamat di amplop yang baik dan benar. Berikut ini akan membahas mengenai cara menulis di amplop lamaran kerja. 

Spesifikasi amplop lamaran kerja 

Sebetulnya tidak ada aturan khusus mengenai amplop untuk melamar kerja. Tetapi pada umumnya amplop tersebut berbahan kertas Samson Kraft coklat dan memiliki tali. Fungsi dari tali adalah untuk memastikan bahwa berkasmu sudah aman dan tidak tercecer. 

Demikian juga amplop jenis ini akan memudahkan HRD untuk membuka dokumenmu. Mereka tidak perlu menyobeknya karena juga beresiko rusak. 

Nama amplop lamaran kerja yang sering kita temui adalah BHG airmail. Hal yang terpenting, kertas Samson ini merupakan hasil daur ulang modern. Seringkali digunakan juga untuk membuat paper bag. 

Ukuran amplop yang biasa orang gunakan adalah folio, 35 cm x 25 cm. Mengapa kertas folio? Sebab kebanyakan kertas lamaran kerja berukuran A4 atau folio. 

Apa yang harus ditulis di amplop lamaran kerja? 

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu tulis di amplop lamaran kerja yaitu:

  1. Tujuan pengiriman

Kamu bisa menggunakan stiker label untuk menuliskan alamat perusahaan yang ingin kamu lamar. Tulis alamat lengkapnya beserta kode pos dan jangan menyingkat alamat, terutama nama jalan. Hal ini akan membuat kurir bingung dan bisa jadi mereka mengantarkan ke tempat yang salah.

  1. Nama dan Alamat Pengirim

Tuliskan nama lengkapmu pada pojok kiri atas amplop. Oleh sebab ini merupakan dokumen resmi, sertakan juga gelarmu. Selanjutnya, tuliskan alamat lengkap beserta RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan hingga kode pos. Sama dengan sebelumnnya, sebaiknya kamu tidak menyingkat alamat di amplop. Oleh karena hal itu bisa menimbulkan multitafsir.

  1. Posisi yang ingin kamu lamar
BACA JUGA:   Pilihan Kata Yang Digunakan di Awal Menulis Suatu Kesimpulan

Cantumkan posisi yang ingin kamu lamar pada pojok kanan atas amplop bagian depan. Maksudnya agar meringankan pihak HRD saat menyortir berkasnya. Hal ini juga memudahkan penerima mengenali dokumen tersebut.

Apakah amplop lamaran kerja harus ditulis? Jawabannya adalah iya. Tujuannya adalah agar berkas sampai di tangan HRD dengan selamat. Kamu tidak ingin berkas lamaranmu hilang sia-sia, bukan?

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang cara menulis di amplop lamaran kerja Pastikan untuk selalu mengikuti panduan di atas. Oleh karena hal itu termasuk proses awal seleksi sebuah perusahaan dalam menentukan apakah lamaranmu layak untuk mereka baca.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *