cara menulis buku tabungan
Tips

Cara Menulis Buku Tabungan Pribadi di Buku Tulis dan HP

Buku tabungan bermanfaat dalam mengetahui pemasukan dan pengeluaran dana tabungan. Pembuatan buku tabungan ini juga cukup sederhana, sehingga bisa kamu lakukan dengan mudah. Berikut ini cara menulis buku tabungan sederhana yang bisa kamu lakukan di buku tulis maupun di hp.

Pahami Istilah-Istilah dalam Buku Tabungan

Sebelum membuat buku tabungan, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui dan memahami istilah-istilah yang ada dalam buku tabungan. 

Pada buku tabungan sederhana, terdapat beberapa istilah utama yang wajib ada. Di antaranya yaitu setoran, penarikan, dan saldo.

Setoran adalah istilah yang biasa digunakan untuk menunjukkan jumlah uang yang kamu tabung. Selanjutnya, penarikan adalah istilah yang merujuk pada jumlah uang tabungan yang kamu ambil. Dan yang terakhir, saldo, adalah jumlah seluruh uang yang ada dalam tabungan.

Jangan sampai keliru lagi, ya!

Setelah memahami ketiga istilah tersebut, kamu bisa langsung membuat buku tabungan. Langkah-langkah berikut ini juga merupakan cara membuat catatan tabungan di hp. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan selera dan kenyamanan kamu.

Tulis Judul Buku Tabungan dan Target Nabung

Langkah pertama untuk membuat buku tabungan adalah dengan menulis judul dan target tabungan yang harus kamu capai. Walaupun terkesan sepele, penulisan bagian ini dapat memotivasi kamu untuk terus menabung.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menuliskan catatan jenis tabungan. Kamu bisa menentukan ingin menabung secara harian, mingguan, bulanan, ataupun jangka waktu yang lain.

Berikut ini contoh catatan buku tabungan harian yang bisa kamu ikuti.

BACA JUGA:   3 Kesalahan Penulisan pada Spanduk yang Umum Kamu Temukan

Catatan Tabungan Harian 

Bulan Januari 2023

Target : Rp.500.000 (Untuk beli meja belajar)

Buat Tabel Tabungan Sederhana

Untuk mulai menabung di rumah, buatlah tabel tabungan sederhana di buku tulis. Tabel sederhana ini meliputi lima kolom, yaitu tanggal, keterangan, setoran, penarikan, dan saldo.

Kemudian, baris pada tabel ini bisa kamu sesuaikan dengan jumlah tanggal yang ada pada bulan tersebut. Berikut ini contoh cara membuat buku tabungan harian sederhana di buku tulis.

Catatan Tabungan Harian 

Bulan Januari 2023

Target : Rp.500.000 (Untuk beli meja belajar)

TanggalKeteranganSetoran (Rp)Penarikan (Rp)Saldo (Rp)
1Sisa Uang Jajan10.00010.000
2Sisa Uang Jajan15.00025.000
3Beli Pulpen5.00020.000
dst

Rekap Buku Tabungan

Ketika memasuki akhir bulan, kamu bisa menutup buku tabungan bulan tersebut dan merekapnya. Cara merekap buku tabungan harian per tiap bulan yaitu dengan menjumlahkan semua setoran dan penarikan. 

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa kamu perlu melakukan hal ini, padahal jumlah uang tabungan telah tertera di nominal saldo?

Proses rekapitulasi ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak uang yang telah kamu tabung dan uang yang kamu ambil kembali. Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi diri dan dapat menabung dengan lebih baik di bulan depan. Nah, itu dia cara menulis buku tabungan yang bisa kamu terapkan di rumah. Setelah jumlah uang yang ada di tabungan pribadi cukup banyak, kamu bisa menyetorkan ke bank agar lebih aman. Terus ikuti info terbaru dari Tika Widya, agar tidak ketinggalan berita penulisan

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *