cara menulis alamat paket
Tips

Cara Menulis Alamat Paket yang Lengkap dan Benar

Saat ini, siapa sih yang tidak pernah melakukan belanja online? Dalam berbelanja online, kita harus menuliskan alamat secara lengkap dan benar agar paket pesanan kita sampai dengan tepat waktu. Untuk kamu yang masih bingung mengenai hal ini, berikut cara menulis alamat paket yang dapat kamu simak.

Artikel terkait : Cara Menulis Alamat di Amplop Surat Resmi

Menulis Nama Lengkap Penerima Paket

Sebelum alamat penerima, hal penting pertama yang kamu perlu tulis adalah nama lengkap penerima. Nama lengkap ini bisa berupa nama orang ataupun nama lembaga paket tersebut tertuju.

Penulisan nama orang atau lembaga harus kamu sesuaikan dengan PUEBI dan EYD, yaitu kamu harus menggunakan huruf kapital di setiap katanya. 

Contohnya penulisan nama orang yang benar yaitu:

Bagas Putra

Dan contoh penulisan nama lembaga yang benar yaitu:

PT Citra Abadi

Mencantumkan Alamat Lengkap Penerima

Selanjutnya, dalam menulis alamat paket tentu saja kamu harus mencantumkan alamat penerima. Penulisan alamat penerima harus kamu lakukan secara lengkap dan sesuai dengan urutan yang benar. 

Berikut ini cara menulis alamat lengkap yang sesuai dengan urutannya.

Nama Jalan
Nomor Rumah
Keterangan RT dan RW
Nama Kelurahan/Desa
Nama Kecamatan
Nama Kota/Kabupaten
Nama Provinsi
Kode Pos
Nama Negara (jika diperlukan)

Contoh penulisan alamat yang lengkap dan benar yaitu sebagai berikut.

Jalan Mangga Dua II No. 26, RT 04/RW 05, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, 16780

Menyertakan Nomor Telepon Aktif Penerima

Dan hal terakhir yang tidak kalah penting dalam penulisan alamat paket adalah penyertaan nomor telepon aktif penerima. 

BACA JUGA:   Cara Menulis Aksara Jawa di HP Android

Penyertaan nomor telepon aktif penerima dapat memudahkan kurir menghubungi penerima jika terjadi suatu hal dalam proses pengiriman. Contohnya seperti kurir sulit menemukan alamat yang dituju. 

Dalam penulisan nomor telepon, sebaiknya kamu memisahkan tiap 4 digit angka agar lebih mudah dibaca. Contohnya seperti berikut.

0878 8567 8995 atau (+62)878 8567 8995

beberapa cara menulis alamat paket barang JNE, JNT, dan ekspedisi pengiriman lainnya. Kamu dapat menuliskan beberapa hal di atas dalam mengisi format pengiriman paket.


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *