cara menulis alamat di amplop surat pribadi
Tips

Cara Menulis Alamat di Amplop Surat Pribadi yang Tepat

Artikel ini akan membahas tentang cara menulis alamat di amplop surat pribadi. Apakah di jaman sekarang orang masih mengirim surat pribadi? Sepertinya iya. Oleh karena sebagian orang masih menganggap bahwa dengan tulisan tangan kita merasa lebih dekat dengan orang tersebut. 

Barangkali kamu ingin mengirimkan kado kecil beserta sepucuk surat pada orang tersayang maka kamu bisa menggunakan alternatif ini daripada menulis whatsapp atau email.

Bagaimana aturan penulisan alamat penerima pada surat pribadi?

Sebetulnya tidak ada aturan baku mengenai cara menulis alamat di amplop surat pribadi. Hal yang terpenting, tulislah dengan tepat sehingga kurir atau si penerima bisa membacanya dengan jelas.

Sebaliknya, jika kamu menuliskan dengan sembarangan maka surat tersebut mungkin akan salah alamat. 

Contoh penulisan alamat surat yang benar

Berikut ini merupakan cara menuliskan alamat pengirim dan penerima pada amplop surat pribadi: 

Nama dan alamat pengirim

Kamu bisa mencantumkan nama lengkap, alamat pengirim dan nomor telepon pengirim di pojok kiri atas bagian depan amplop. Tetapi, sebagian orang memiliki kebiasaan mencantumkan nama pengirim di bagian belakang amplop. 

Pada pojok kanan bawahnya. Keduanya tidak masalah karena tidak ada aturan terikat mengenai hal ini.

Hal yang terpenting, pastikan alamat yang kamu tulis sudah jelas, tidak ada singkatan. Misal penulisan nama kota seperti “Malang” tidak kamu singkat “Mlg”, dan lain sebagainya.

Nama dan alamat penerima

Tulislah nama lengkap penerima atau sertakan nama panggilannya dalam tanda kurung jika ada. Mungkin dia sedang berada di asrama dan teman-temannya mengenalinya dengan nama panggilan. 

BACA JUGA:   Cara Menulis Alamat di Amplop Coklat untuk Pos

Tentu saja tulislah alamat dengan jelas tanpa singkatan. Jangan lupa menyertakan nomor telepon yang bisa kurir hubungi.

Jika kamu tidak menuliskannya dengan rancu, maka bisa terjadi multitafsir. Kemungkinan terburuknya barangmu akan kembali padamu atau kurir mengirimkan ke alamat lain.

Kesimpulan

Pastikan kamu mengikuti panduan mengenai cara menulis alamat di amplop surat pribadi di tikawidya.com. Oleh sebab dengan penulisan di amplop surat yang benar bisa mengurangi peluang surat kamu tersesat. Kamu tidak ingin surat yang kamu siapkan dengan sepenuh hati tersasar ke alamat lain, bukan?

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *