cara menulis alamat di amplop coklat untuk pos

Saat kamu ingin mengirimkan dokumen lamaran kerja, maka kamu harus tahu cara menulis alamat di amplop coklat untuk pos secara tepat. 

Jangan sampai salah menulis karena bisa berakibat lamaran gagal terkirim. Lebih daripada itu, penulisan yang salah mungkin memengaruhi penilaian tim HRD.

Berikut beberapa aturan dasar soal penulisan alamat yang dapat kamu terapkan! 

  • Tulis alamat di posisi yang tepat. Alamat pengirim di sebelah kiri atas amplop dan alamat tujuan di kanan bawah. 
  • Pakai amplop berwarna coklat yang memiliki tali penutup.
  • Hindari kesalahan dalam penulisan. Perhatikan alamat dan penggunaan kata-kata sesuai dengan PUEBI. 
  • Pastikan amplop dalam keadaan baru dan bersih. 

Tips Penulisan Amplop Surat Resmi 

Saat menulis di amplop pos, peletakan alamat menjadi sangat penting. Oleh karena itu, perhatikan gambar berikut ini! 

Seperti yang kamu lihat, alamat pengirim harus kamu letakkan di bagian kiri atas. Sedangkan, alamat tujuan dapat kamu tempatkan di bagian kanan bawah. 

Untuk keperluan melamar kerja, kamu juga perlu menuliskan kode lamaran serta posisi lowongan pada bagian kanan atas amplop. 

Namun, kamu tidak perlu menambahkan kode jika kamu tidak sedang mengirimkan dokumen lamaran kerja. 

Amplop Coklat untuk Mengirim Dokumen Apa Saja?

Selain untuk melamar kerja, amplop coklat dapat kamu gunakan untuk mengirim beberapa dokumen penting seperti: 

  • Dokumen bisnis antar perusahaan. 
  • Berbagai dokumen akademis untuk keperluan beasiswa maupun pendaftaran kuliah. 
  • Dokumen legal berkaitan dengan kepemilikan barang maupun perusahaan. 
  • Sertifikat, SK, dan Laporan Kerja.

Amplop coklat memang berfungsi untuk membawa dokumen penting. Jadi, jangan sampai kamu memakai amplop yang kertasnya kurang berkualitas karena kamu tentu tidak ingin dokumen pentingmu jatuh dalam perjalanan hanya karena amplopnya sobek.

BACA JUGA:   Tips Memilih Kursus Menulis Artikel Online

Tidak perlu cari yang mahal juga. Kamu sudah bisa mendapatkan amplop coklat yang aman buat pengiriman seharga Rp 8000 saja dengan klik di sini!

Selain menggunakan amplop yang berkualitas, kamu juga bisa menambahkan plastik di luar amplop demi menjaga keamanannya selama pengiriman. Sekadar melakukan ini bisa membuatmu merasa lebih tenang dan memastikan dokumen kamu selamat sampai di tempat tujuan.

Penulisan Alamat yang Benar: Ketik atau Tulis Tangan?

Banyak yang sering bertanya apakah sebaiknya amplop lamaran kerja ditulis tangan atau diketik. Berikut ini jawaban yang tepat: 

Kamu dapat menuliskan alamat pada amplop lamaran kerja dengan tangan atau mengetik dan menempelkannya pada amplop. Yang terpenting, pastikan peletakannya sudah tepat dan tulisan dapat terbaca dengan rapi. 

Memahami cara menulis alamat di amplop coklat untuk pos sangatlah krusial saat kamu ingin melakukan pengiriman berbagai dokumen. Jadi, perhatikan baik-baik tips dari Tikawidya.com di atas! 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *