cara menulis alamat dalam bahasa Inggris
Tips

Cara Menulis Alamat dalam Bahasa Inggris pada CV Beasiswa

Dalam CV lamaran beasiswa internasional seringkali kita menuliskan alamat dalam format bahasa Inggris. Berikut ini akan membahas mengenai cara menulis alamat dalam bahasa Inggris yang benar sehingga lamaranmu terlihat outstanding.

Pentingnya Menuliskan Alamat di CV

Mungkin panitia pihak beasiswa mengharuskanmu mengirim aplikasi secara hardcopy ke kantor mereka. Oleh karena pihak reviewer beasiswa adalah orang asing, maka penting buatmu untuk mempelajari cara menulis alamat dalam bahasa inggris di CV. Sebab, mencantumkan alamat merupakan salah satu hal yang terpenting.

Seringkali dalam format CV beasiswa memuat alamat domisili dan alamat KTP. Jadi, pastikan kamu sudah menuliskan keduanya dengan tepat agar mudah terbaca.

Cara Menulis Alamat dalam Bahasa Inggris  di CV

Ada sedikit perbedaan antara menuliskan alamat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya kamu perhatikan:

  1. Penulisan nama jalan

Tentu saja, penulisan jalan dalam bahasa Inggris tidak perlu kamu terjemahkan semuanya. Misalnya saja dalam bahasa Indonesia jalan Melati, bukan Jasmine street, melainkan Melati Street. 

Jalan besar yang memiliki pemisah di tengah dengan pohon di kanan kiri jalan biasa orang kenal dengan Boulevard. Misal Ijen Boulevard atau Ijen Blvd jika kamu singkat. Sedangkan penulisan komplek dalam bahasa Inggris adalah Residence. Misal Rafflesia Residence Block 6.

  1. Menyebutkan detail alamat

Dalam bahasa Inggris, menyebutkan Kelurahan adalah Subdistrict dan Kecamatan adalah District. Contohnya Lowokwaru Subdistrict, Gubeng District, dan lain-lain. 

Selanjutnya, menyebutkan kota dalam bahasa Inggris, kamu bisa menambahkan city di bagian belakang. Seperti Jakarta City, Makassar City, Malang City dan lain sebagainya.

BACA JUGA:   Penulisan Alamat Dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Provinsi bisa kamu tuliskan pada bagian akhir sebuah alamat namun sebelum kode pos, misalnya East Java Province, West Kalimantan Province, dll. Provinsi merupakan wilayah pemerintahan level 1.

  1. Menyebutkan apartemen

Apabila kamu tinggal di apartemen, kamu tidak perlu menerjemahkan nama apartemennya. Misalnya saja kamu tinggal di apartemen Anggrek, maka bisa kamu tuliskan Anggrek Apartement atau Anggrep Apt.  

  1. Mencantumkan Kode Pos

Pentingnya mencantumkan kode pos pada amplop surat pengiriman adalah untuk mempermudah kurir menyortir surat. Dalam bahasa Inggris, kode pos adalah zip code atau postal code. Zip code di Indonesia terdiri dari 5 angka. 

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang cara menulis di amplop lamaran kerja Pastikan untuk menuliskannya dengan teliti agar berkas aplikasi beasiswamu terbaca dengan jelas. Tentu saja, hal itu juga memudahkan pihak panitia beasiswa untuk mengetahui lokasimu saat ini.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *