cara menulis aksara jawa di hp

Apakah kamu sedang belajar bahasa Jawa dan tidak tahu bagaimana cara menulis aksara Jawa secara digital? Di zaman serba modern ini, kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi untuk menulis aksara Jawa di hp. Berikut ini adalah cara menulis aksara Jawa di hp android dengan mudah dengan menggunakan aplikasi!

Cara Menulis Aksara Jawa

Sekarang, kamu sudah tidak perlu repot-repot menulis aksara Jawa secara manual menggunakan pulpen atau pensil. Justru ada cara yang jauh lebih mudah dan praktis, yaitu melalui handphone kamu! 

Tata Cara Menulis Aksara Jawa di HP Android

Kamu dapat menulis aksara dengan mudah dan cepat dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di HP Androidmu. Dalam hitungan detik, kamu sudah menulis beberapa huruf Jawa dengan praktis. 

Berikut langkah-langkah cara menulis huruf Jawa:

  • Instal aplikasi dengan mencari Aksara Jawa di kolom pencarian Playstore.
  • Klik instal.
  • Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi Aksara Jawa.
  • Mulai menulis kata atau kalimat yang kamu jadikan huruf Jawa pada kolom Ketik di sini.
  • Setelah mengetik, klik icon berputar atau tanda konversi berwarna merah.
  • Kamu juga bisa mencentang opsi “Aksara Murda” yang ada di bawah kolom ketik. 
  • Kemudian, konversi aksara Jawa akan muncul secara otomatis pada kolom di bawahnya.

Cara sebelumnya adalah cara mengkonversi tulisan ke aksara Jawa. Sekarang, kamu juga bisa mengetik aksara Jawa dengan cara sebagai berikut:

  • Tekan Mengetik di sebelah opsi Konversi.
  • Setelah kamu memilih opsi Mengetik, akan muncul tulisan aksara Jawa lengkap.
  • Kamu bisa memilih opsi jenis Aksara Lain atau Sandangan yang tersedia.
  • Kemudian, tekan aksara yang kamu inginkan dan hasilnya akan keluar di kolom paling atas.
BACA JUGA:   5 Tips Wawancara Narasumber, Dijamin Lancar dan Sukses!

Selain aplikasi Aksara Jawa, masih banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu coba untuk menulis huruf Jawa di Playstore.Dengan mengikuti cara di atas, kamu dapat dengan mudah menulis aksara Jawa pada HP Android kamu. Mudah, bukan? Teruslah berlatih dan mengasah kemampuan menulis aksara Jawa agar semakin mahir. Dengan berlatih menulis aksara Jawa, kamu dapat membantu melestarikan budaya Jawa. Selamat mencoba! Terus ikuti tikawidya.com untuk mengetahui perkembangan seputar dunia penulisan.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *