Cara Membuat Surat Keterangan Salah Penulisan IjazahCara Membuat Surat Keterangan Salah Penulisan Ijazah

Kesalahan penulisan bisa kita temukan di mana saja, termasuk pada ijazah. Jika terdapat kesalahan penulisan pada ijazah, kamu harus segera membuat surat keterangan salah penulisan ijazah.

Namun, sebelum itu, memangnya seberapa penting ijazah itu?

Ijazah adalah dokumen penting yang kamu perlukan untuk melamar pekerjaan. Dokumen ini adalah bukti bahwa kamu telah lulus dari suatu jenjang pendidikan. Seperti sekolah dasar, sekolah menengah, hingga kuliah.

Oleh karena itu, penulisan data pada ijazah harus dilakukan dengan benar. Mulai dari penulisan nama, tanggal lahir, nomor ijazah, dan sebagainya.

Nah, kalau sudah terlanjur ada kesalahan penulisan, apa yang harus kita lakukan? Kamu tidak perlu panik, karena kesalahan penulisan pada ijazah ini masih bisa diperbaiki. Hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat surat keterangan salah penulisan ijazah.

Penulisan surat pernyataan penulisan ijazah yang mengalami kesalahan ini sama pada setiap jenjang peendidikan. Jadi, surat keterangan penulisan ijazah sd sama dengan surat keterangan kesalahan penulisan ijazah S1.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak penjelasan berikut dengan baik!

Hal yang pertama adalah menulis judul dan nomor surat. Untuk surat keterangan salah penulisan ijazah, kamu hanya perlu menuliskan judul “SURAT KETERANGAN” saja. Peletakan judul ini berada di tengah atas surat. 

Selanjutnya, penulisan nomor surat berada tepat di bawah judul surat. Nomor surat ini ditulis oleh pihak instansi pendidikan, disesuaikan dengan urutan surat keluar.

Yang kedua adalah menulis paragraf awal atau pembuka. Surat ini tertulis atas nama kepala instansi pendidikan, seperti kepala sekolah, dan tertuju kepada dinas pendidikan kota setempat.

BACA JUGA:   6 Manfaat Latihan Menulis Jurnal untuk Self-healing

Sehingga, paragraf pembuka yang perlu kamu tulis adalah seperti contoh berikut.

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Jakarta, Kota Jakarta Pusat, Kantor Wilayah Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, menerangkan bahwa:

Mencantumkan Data Siswa

Setelah itu, pihak sekolah perlu mencantumkan data siswa yang mengalami kesalahan penulisan pada ijazah dengan lengkap. Data ini meliputi nama lengkap, tempat, tanggal lahir, nomor induk siswa, serta nama orang tua siswa.

Menjelaskan Adanya Kesalahan ijazah

Kemudian, kamu bisa menulis bahwa ada kesalahan penulisan pada ijazah siswa dengan data diri tersebut. Cara penulisan penjelasan ini contohnya yaitu sebagai berikut.

Siswa tersebut adalah pemegang IJAZAH yang dikeluarkan dari SMA Negeri 5 Jakarta Tahun 2022 dengan nomor seri [Nomor Ijazah], terdapat kesalahan dalam penulisan “[Data yang Tertulis Salah]”.Tertulis : PUTRI KIRANISebenarnya : PUTI KIRANIDan IJAZAH di atas asli dan benar.

Dan yang terakhir adalah menulis kata penutup dan tanda tangan kepala instansi. Kata penutup ini bisa kamu tulis secara singkat saja. Contohnya seperti:

Demikian surat keterangan ini kami buat sebagai lampiran IJAZAH yang ada.

Dan untuk tanda tangan kepala instansi, kamu harus cantumkan secara lengkap. Meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, posisi jabatan, tanda tangan, nama jelas, serta NIP.

Itu dia langkah-langkah yang kamu perlu lakukan dalam membuat surat keterangan salah penulisan ijazah. Setelah itu, pihak instansi pendidikan akan mengirimkan surat tersebut beserta ijazah asli kepada dinas pendidikan setempat untuk diperbaiki. 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *